Keunggulan Perbankan Syariah Pastinya Terjamin Lebih Halal

Keunggulan Perbankan Syariah Pastinya Terjamin Lebih Halal

Keunggulan perbankan syariah hingga saat ini belum banyak yang mengetahui. Padahal banyak manfaat dan keuntungan yang bisa didapat ketika Anda menabung di bank syariah. Perkembangan perbankan syariah juga terus mengalami peningkatan sampai saat ini. Perkembangan tersebut dapat dilihat dari pangsa pasar yang telah tembus lebih dari lima persen.

Inilah Beberapa Keunggulan Perbankan Syariah

Banyaknya beberapa keunggulan tersebut ternyata masih banyak yang belum mengetahui. Untuk itu Anda bisa mengetahui beberapa keunggulan tersebut berikut ini.

Sistem Bagi Hasil Bukan Bunga

Apabila Anda mengetahui bunga di bank konvensional, maka di bank syariah hanya ada sistem bagi hasil. Sistem tersebut memberikan hasil kepada nasabah dari pendapatan bank tersebut. Apabila bank memiliki pendapatan yang besar, maka bagi hasil yang diperoleh nasabah pun juga semakin besar. Sistem tersebut akan menghindarkan nasabah dari riba.

Membantu Orang yang Butuh Dizakati

Bank konvensional tidak memiliki kewajiban berzakat, namun untuk bank syariah memiliki layanan zakat. Setiap tahunnya bank syariah akan mengeluarkan zakat 2,5 persen dari pendapatannya. Dengan layanan tersebut, secara tidak langsung Anda turut berzakat serta membantu orang lain. Dengan catatan, Apabila Anda muslim tentunya masih harus berzakat.

Baca Juga »  Begini Cara Memulai Reksa Dana yang Penting Diketahui Para Pemula

Akad Sesuai dengan Syariat Islam

Akad merupakan kata lain dari perjanjian. Perjanjian antara bank dengan nasabahnya disepakati sesuai syariat. Akan ada dua akad yang ditawarkan oleh pihak bank. Akad pertama, akan mudharabah yakni memberi izin kepada bank untuk mengelola uangnya di bidang industri yang halal.

Untuk akad yang kedua, akad wadiah yakni nasabah hanya menabung saja, dan pihak bank hanya menyimpan. Untuk akad wadiah pihak bank tidak boleh menggunakan uang tersebut untuk dikelola. Keunggulan perbankan syariah walaupun hanya menyimpan, ada beberapa bank syariah yang memberikan hadiah sesuai dengan keuntungan yang didapat bank.

Produk Tidak Ada Di Bank Konvensional

Ada beberapa produk yang tidak ada di bank konvensional dengan pengelolaan yang halal. Seperti tabungan haji dan umrah, tabungan wakaf, tabungan qurban hingga deposito. Tabungan-tabungan tersebut dikelola dengan cara-cara yang disyariatkan dalam ajaran Islam.

Baca Juga »  Investasi Reksa Dana Tokopedia Cara Baru Memulai Investasi

Fasilitas Selengkap Bank Konvensional

Banyak orang yang menyangka perbankan syariah masih baru. Padahal, produk dan transaksi yang dilakukan di bank konvensional juga ada di bank syariah. Transaksi seperti deposito, pinjaman usaha, pinjaman pembelian rumah, kliring dan sebagainya juga dapat dilakukan, bahkan nyaman.

Bank syariah saat ini juga terhubung dengan ATM Bersama, bahkan bank syariah himbara saat ini sudah tergabung. Bank Himbara tersebut Bank Mandiri Syariah, Bank BRI Syariah, dan Bank BNI Syariah. Jadi sudah gratis transfer ke sesama ex bank tersebut.

Adanya penggabungan Bank Himbara Syariah tentunya memudah nasabah ketiga bank tersebut melakukan transaksi. Mulai dari transfer realtime dan anjungan tarik tunai yang semakin banyak. Bahkan Internet dan Mobile Banking yang bisa dilakukan di smartphone Anda. Kemudian pinjaman syariah yang tentunya bisa jauh dari riba. Hal tersebut juga salah satu keunggulan perbankan syariah.

Baca Juga »  Berikut Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Trading Saham Menguntungkan

100 Persen Halal

Bank syariah memiliki persyaratan yang dalam pinjamannya yaitu mewajibkan dana digunakan untuk kegiatan yang halal. Kegiatan bisnis tersebut pun juga tidak boleh digunakan dalam kegiatan yang berisiko haram oleh agama Islam.

Bank syariah juga tidak membatasi nasabahnya, yakni nasabah tidak harus muslim asal penggunaannya pun halal. Meskipun nasabah tersebut muslim, tetapi penggunaan dananya tidak halal maka tidak diperkenankan untuk mengambil pinjaman di bank syariah.

Semua rangkuman tersebut bisa menjadi literasi bagi Anda. Apabila berkeinginan menjadi nasabah di bank syariah. Tentunya keunggulan perbankan syariah juga tidak kalah dengan perbankan konvensional.