6 Cara Memperbaiki Laptop Layar Hitam Alias Blank Dengan Tepat Dan Mudah

6 Cara Memperbaiki Laptop Layar Hitam Alias Blank Dengan Tepat Dan Mudah

Diantara banyaknya pengguna laptop maupun komputer, pasti salah satu diantaranya pernah mengalami laptop yang blank. Dimana posisi laptop menyala namun layar tetap menampilkan warna polos hitam ataupun putih. Setelah membaca artikel ini diharapkan pengguna bisa mengatasi permasalahan tersebut. Berikut ini 6 cara memperbaiki laptop layar hitam alias blank dengan tepat dan mudah.

1. Memeriksa Kondisi RAM

Melakukan pemeriksaan kondisi RAM laptop menjadi salah satu solusi untuk memperbaiki laptop yang blank. Pasalnya RAM yang kotor atau tidak terpasang sesuai akan berpengaruh pada kondisi layar yang hitam. Adapun cara mudah untuk melakukan pemeriksaan RAM adalah sebagai berikut.

Pertama pengguna bisa secara membuka penutup RAM dan melepasnya dari bagian socketnya. Kemudian bisa membersihkan pada bagian kuningannya dengan kuas khusus. Setelah itu bisa memasang kembali dan memindahkan posisi slot RAM mungkin akan membantu mengatasi masalah ini. Atau memasang RAM lain jika perlu.

Baca Juga »  5 Cara Membuka Blokiran di Messenger Dijamin Jitu

2. Masuk Safe Mode Dan Mengatur Ulang VGA

Layar yang menjadi blank dengan tanda hitam atau putih ini bisa diselesaikan dengan cara  masuk pada safe mode. Pasalanya bisa saja terjadi gangguan pada windows, dengan masuk pada bagian ini sistem akan memperbaiki kinerja windows.

Untuk itu cara memperbaiki laptop layar hitam yakni dengan menyalakan laptop terlebih dahulu, kemudian klik tombol F8 dengan berulang-ulang. Nantinya akan muncul beberapa menu termasuk salah satunya safe mode. Klik bagian tersebut untuk masuk pada Device Manager. Kemudian klik kanan dan uninstall driver VGA.

3. Melakukan Pengecekan Pada Kabel Layar

Kabel fleksibel yang membuat nyala pada laptop terdapat pada bagian bawah dekat layar. Salah satu fungsi  kabel ini tentunya untuk membuat tampilan seperti biasanya. Maka jika ada gangguan pada kabel ini tentu bisa membuat layar error.

Cara pengecekannya adalah dengan melepas bagian casing layar, langkah ini harap dilakukan dengan penuh kehati-hatian. Kemudian cek kabel dengan konektor, lepas dan pasang kembali. Salah satu permasalah jika ternyata kabel tidak menyatu ke layar maka ganti dengan kabel baru.

Baca Juga »  Apa Saja Merek Lampu LED Motor yang Bagus_ Ini Daftarnya!

4. Memasang Video Card Ulang

Alasan blank-nya layar bisa karena terjadi kerusakan pada video card. Sehingga pengguna perlu untuk menginstall kembali. Untuk langkahnya yang pertama adalah masuk pada menu Device Manager, kemudian klik bagian display adapters. Untuk melihat isi dari folder tersebut klik kiri dan pilih adaptor untuk meng-unistallnya. Setelah itu pasang kembali dengan pilih Scan for Hardware.

5. Menghentikan Proses Yang Sedang Berjalan

Bisa jadi penyebab layar blank karena ada menu atau fitur  yang sedang berjalan namun error. Oleh karena itu pengguna bisa menggunakan tombol windows dan klik task manager. Selain itu juga  bisa mencoba kombinasi ‘ctrl’,  ‘shift’ dan ‘esc’secara bersamaan agar memunculkan task manager.

Lihat pada bagian RunOnce.exe, jika ada yang masih memproses maka stop proses tersebut dan segera restart laptop tersebut. Bisa proses tersebutlah yang membuat layar blank.

Baca Juga »  Inilah 6 Cara Merubah Background Video Menjadi Green Screen, Tidak Perlu Kain Hijau Lagi!

6. Menghapus Aplikasi Tidak Penting

Bisa jadi laptop terisi banyak aplikasi yang tidak penting sehingga mengalami penurun fungsinya. Selain itu bahkan beberapa aplikasi bisa saja membawa malware atau virus yang berbahaya. Oleh karena itu, ada baiknya pengguna melakukan uninstall pada aplikasi yang dirasa menjadi penyebab layar yang hitam.

Demikian itu beberapa alasan penyebab laptop blank ternyata sering dilakukan. Selain itu beberapa cara memperbaiki laptop layar hitam alias blank dengan tepat dan mudah telah dipaparkan dengan jelas. Diharapkan artikel ini dapat menjadi solusi saat laptop mengalami blank.