Keuntungan Menabung di BRI Sangat Memuaskan Kalian Semua (promo.bri.co.id)
Keuntungan Menabung di BRI Sangat Memuaskan Kalian Semua (promo.bri.co.id)

Lembaga Keuangan Perbankan, Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Lembaga keuangan perbankan merupakan sebuah lembaga yang mengurus segala jenis tentang keuangan negara dan juga memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat. Karena dengan adanya bank, masyarakat akan memiliki fasilitas penyimpanan dana dan juga peminjaman dana. Lembaga keuangan yang sudah resmi pastinya sudah terdaftar dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya, di artikel kali ini kita akan membahas tentang pengertian, fungsi dan contoh perusahaan perbankan. Untuk itu, bagi Anda yang masih awam dengan pengetahuan seputar perbankan. Sebaiknya, lebih disarankan jika membaca artikel ini sampai selesai. Karena hal ini akan bermanfaat dan sangat penting untuk diketahui.

Berikut ini Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Contoh Lembaga Keuangan Perbankan

Banyak orang yang mengartikan bahwa lembaga ini merupakan sebuah lembaga keuangan yang selalu berkaitan dengan bank. Padahal lebih dari itu. Nah, supaya mengetahui lebih jelasnya. Simak penjelasan dibawah ini

Baca Juga »  Memasarkan Produk Barang atau Jasa melalui Media Online

Pengertian Perbankan

Perbankan merupakan suatu perusahaan yang menangani keuangan negara, kredit, dan jenis transaksi keuangan lainnya. Bank juga memberikan keamanan dalam penyimpanan uang dan juga transaksi-transaksi yang akan dilakukan nasabah.

Selain itu, bank yang resmi pastinya tidak akan khawatir akan kehilangan uang. Karena bila itu terjadi pasti akan diberikan pertanggungjawaban apabila hal itu merupakan kesalahan dari pihak bank. Bank juga menawarkan berbagai fasilitas yaitu rekening tabungan, rekening giro, sertifikat setoran dan masih banyak lagi. Adapun berbagai manfaat dari lembaga keuangan yaitu:

Kemudahan Transaksi

Lembaga keuangan akan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan transaksi. Apalagi di era yang semakin majunya perkembangan teknologi. Anda sudah dapat melakukan transaksi melalui aplikasi internet banking atau aplikasi lainnya yang sudah disediakan pihak bank. Sehingga semakin memudahkan Anda melakukan transaksi tanpa harus keluar rumah.

Manfaat Likuiditas

Manfaat yang berikutnya adalah manfaat likuiditas. Hal ini juga memudahkan masyarakat untuk mendapatkan uang, kapanpun dan dimanapun. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan kurangnya uang yang disediakan pihak bank untuk masyarakat.

Baca Juga »  Cara Mudah Mendapatkan Keuntungan Investasi Emas Dalam Setahun

Masih banyak lagi manfaat-manfaat lain yang akan didapat dalam urusan perbankan.

Fungsi Lembaga Keuangan Perbankan

Adapun beberapa fungsi lembaga keuangan yang perlu Anda ketahui. Berikut ini fungsi dari lembaga keuangan

  • Lembaga keuangan atau bank berfungsi sebagai penghimpun dana masyarakat. Sehingga dana atau uang masyarakat akan lebih aman
  • Pihak bank akan menyalurkan kembali uang yang di himpun.
  • Bank akan memberikan bantuan bersifat pinjaman bagi orang yang membutuhkan
  • Mendukung transaksi nasional maupun internasional
  • Penyimpanan barang berharga

Masih banyak lagi kegunaan dan fungsi lembaga keuangan ini..

Adapun jenis lembaga yang bergerak di bidang perbankan yaitu bank sentral, bank umum, dan bank perkreditan rakyat. Nah, agar lebih tahu jelasnya simak pembahasannya dibawah ini.

Bank Sentral

Bank sentral berperan sebagai mempertahankan stabilitas nilai rupiah. Kestabilan nilai rupiah yang dimaksud adalah terdapat dua aspek yaitu

  1. Mempertahankan kestabilan nilai mata uang dalam bidang penjualan barang dan jasa
  2. Menjaga kestabilan terhadap mata uang negara lain secara global.
Baca Juga »  Begini Cara Memulai Reksa Dana yang Penting Diketahui Para Pemula

Nah agar tercapai hal tersebut, bank sentral memiliki tugas dalam menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur kelancaran sistem pembayaran dan juga mempertahankan stabilitas nilai rupiah

Bank Umum

Bank umum memiliki tugas untuk memberikan fasilitas kepada masyarakat seperti fasilitas penyimpanan dana atau tabungan, memberikan pinjaman, menyimpan barang dan juga surat berharga dan masih banyak lagi.

Bank Perkreditan Rakyat (BPR) 

Lembaga keuangan perbankan ini memiliki peran yang lebih sedikit daripada bank umum. Karena BPR dilarang menerima simpanan. Berikut ini jenis kegiatan yang dilakukan BPR

  • Menghimpun yang diberikan masyarakat. Dana tersebut berupa deposito atau hal lainnya seputar hal tersebut
  • Memfasilitasi uang dalam bentuk kredit
  • Memberikan pembiayaan serta penempatan dana dengan prinsip syariah
  • Membuat sertifikat bank Indonesia (SBI), deposito berjangka dan lain-lain dalam menempatkan dananya.

Lembaga keuangan perbankan tersebut diatas dapat Anda pilih untuk memenuhi kebutuhan sesuai dengan fungsi atau keberadaannya dalam masyarakat.