Cara Memperbaiki Charger HP yang Rusak di Rumah

Cara Memperbaiki Charger HP yang Rusak di Rumah

Terkadang sebal juga kan, jika daya HP lemah dan butuh segera diisi tetapi baterai tidak terisi karena chargernya rusak. Mau beli baru tapi mahal, jika di service malas menunggunya. Kalau sudah begini, informasi tentang cara memperbaiki charger hp yang rusak pun bisa berguna. Perbaiki sendiri justru lebih hemat biaya dan waktu.

Charger adalah komponen penting bagi handphone. Fungsi charger adalah untuk mengisi baterai. Jika tidak ada charger, baterai HP akan habis dan tidak bisa diisi. Penyebab kerusakan charger ada berbagai macam mulai dari banyaknya debu, posisi komponen yang bergeser, putus kabel, dan lain-lain. Berikut adalah cara menanggulangi kerusakan pada charger hp:

1. Ketahui Kebiasaan yang Membuat Charger Rusak

Sebelum masuk pada topik pembahasan, ada baiknya untuk mengenal terlebih dahulu kebiasaan-kebiasaan yang sering membuat charger rusak. Tujuannya untuk mengedukasi dan meminimalisir resiko kerusakan lagi dimasa mendatang. Kerusakan pada charger terkadang timbul dari hal remeh dan terkadang tidak disadari. Dengan edukasi ini setidaknya para pengguna HP bisa mulai merubah kebiasaannya.

Baca Juga »  6 Aplikasi Untuk Memancing Ikan di Laut yang Direkomendasikan

Pertama adalah mencabut kabel charger secara sembarangan. Kebiasaan ini mungkin tanpa disadari bisa merusak kabel atau lebih parah port pada handphone. Selanjutnya adalah menggulung carger secara sembarangan yang berpotensi dapat merusak kabel. Memakai handphone saat pengecasan juga membuat charger panas dan berpotensi merusak komponen.

2. Kenali Tanda Kerusakan

Sebelum charger dinyatakan rusak, biasanya charger sudah menunjukan gejala-gejala. Jika gejala sudah tampak sebaiknya lekas diperbaiki demi menghindari kerusakan yang lebih parah. Adapun gejala yang tampak seperti pengisian baterai yang mulai lambat. Ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti banyaknya debu, kabel charger yang kusut, atau charging hingga suhu terlalu panas.

Gejala lainnya yaitu seperti agak menyetrum pada colokan outputnya. Ini bisa saja terjadi karena kebocoran isolator adaptor dan ground yang konslet. Selebihnya seperti putus nyambungnya saat pengisian karena konsleting pada sambungan output. Ini bisa terjadi karena terlalu lama men-charger sehingga komponen pada saluran output memanas, dan melelehkan timah.

3. Cek Terlebih Dahulu

Sebelum memulai untuk membongkar dan memperbaiki ada baiknya mengecek charger terlebih dahulu. Jangan sampai setelah dibongkar ternyata kerusakan bukan terletak pada charger. Berikut adalah langkah checker yang perlu dilakukan:

  • Cek terlebih dahulu listrik pada stop kontak. Apakah normal yaitu berkisar antara 200V-220V. Caranya adalah dengan menggunakan Avo Meter.
  • Cek juga bagian kabel data. Caranya dengan mengganti kabel data yang lama dengan yang lain. Jika setelah diganti ternyata daya bisa terisi, berarti kerusakan hanya pada kabel data.
  • Pastikan kepala charger benar-benar rusak. Caranya dengan mengganti dahulu kepala charger lama dengan baru. Jika setelah diganti daya tetap tidak mau terisi, berarti kerusakan ada pada port charger di handphone.
Baca Juga »  Cara Membuka Akun FB yang Terkunci Permanen Mudah Tanpa Ribet

4. Siapkan Alat dan Bahan

Jika setelah dicek dan dirasa kerusakan memang ada pada charger, kumpulkanlah alat dan bahan untuk memulai memperbaiki. Berikut adalah alat dan bahan yang perlu disiapkan:

  • Obeng plus untuk membuka baut jika ada.
  • Obeng min untuk mencongkel charger.
  • Avo Meter
  • Solder dan timah.
  • Isolasi
  • Pinset untuk memasang dan mencabut komponen.
  • Penyedot timah (optional).

5. Langkah Perbaikan

Sebagai informasi, kegiatan ini sebaiknya dilakukan oleh orang-orang yang terbiasa dengan kegiatan elektronika. Jika belum sebaiknya minta bantuan professional. Berikut adalah cara memperbaiki charger hp yang rusak:

  • Bukalah terlebih dahulu charger. Jika terdapat baut, bukalah baut dengan obeng yang sesuai. Kemudian congkel charger dengan obeng min.
  • Jika telah terbuka, periksalah jika ada bagian yang lepas. Jika ada solderlah kembali komponen-komponen tersebut. Cek juga jalur PCB dengan Avo Meter untuk mengetahui apakah ada jalur yang terputus.
  • Periksalah apakah ada komponen yang gosong atau menggelembung. Jika tidak ada, periksalah komponen dengan Avo Meter untuk memastikan komponen baik-baik saja. Jika ada yang rusak, lekaslah ganti dengan komponen yang baru.
  • Jika sudah diganti dengan komponen baru tetapi tetap tidak berfungsi, kemungkinan kerusakan ada pada IC charger. Lekaslah ganti IC yang rusak tersebut.
Baca Juga »  Aplikasi Saham Online Semakin Memudahkan Untuk Berinvestasi

Demikianlah cara memperbaiki charger hp yang rusak. Semoga informasi ini dapat membantu mengatasi charger yang rusak. Cara-cara ini juga dapat diaplikasikan ke berbagai jenis merk charger HP asalkan komponen ada dipasaran. Perlu diingatkan kembali, sebaiknya kegiatan ini dilakukan oleh orang yang terbiasa atau profesional untuk meminimalisir kecelakaan. Utamakanlah selalu keselamatan.