Pengguna Hp Waib Tahu! Simak Apa Penyebab HP Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Pengguna Hp Waib Tahu! Simak Apa Penyebab HP Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Pengguna HP pasti sudah sering mengalami HP yang digunakan tiba-tiba terasa panas. Hal ini tentunya membuat pengguna tidak nyaman. Terlebih saat digunakan untuk kegiatan video call hingga ngegame. Oleh karena itu simak apa penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya dengan mudah yang tentunya bisa dilakukan oleh semua kalangan:

1. Fitur Kamera yang Menyala Terlalu Lama

Berswafoto di berbagai momen kegiatan atau lokasi sepertinya hari ini menjadi sesuatu yang wajib. Tidak heran fitur kamera diberbagai android mulai diperbaiki dan memiliki kualitas yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Namun, pengguna sering lupa bahwa penggunaan kamera secara terus menerus dalam waktu yang lama dapat menjadi alasan mengapa HP akan cepat panas.

Baca Juga »  Bagaimana Cara Mengatasi Hard Disk Bad Sector. Yuk Cari Tahu!

Oleh karena itu, ada baiknya pengguna melakukan pemotretan sewajarnya dan secukupnya. Selain itu, melakukan video pada waktu yang lama juga mempengaruhi panas yang timbul pada HP. Tips jika ingin mengabadikan momen dengan video pengguna bisa memberikan jeda beberapa menit. Atau melakukan perekaman disaat momen yang memang benar-benar penting.

2. Terdapat Banyak Aplikasi yang Digunakan

Tidak dapat dipungkiri menjadi salah satu penyebab yang sering terjadi saat HP mulai cepat panas adalah penggunaan aplikasi. Tentunya saat aplikasi pada HP terlalu banyak dan bekerja secara bersamaan akan membuat sistem pada HP tersebut bekerja lebih keras dari biasanya.

Hal tersebut akan berdampak pada HP yang panas. Pasalnya berbagai aplikasi tentunya akan membutuhkan banyak sumber daya seperti baterai, internet maupun wi-fi. Oleh karena itu, ada baiknya pengguna mendownload dan menginstall aplikasi yang dirasa penting. Dan tidak menggunakan banyak aplikasi secara bersamaan namun secara bergantian.

3. HP yang Melakukan Streaming Video

Banyak sekali para konten kreator yang hari ini sering membuat tayangan langsung alias streaming. Dan isi konten tersebut bukan lagi hitungan 5 – 10 menit, namun bisa jadi hingga 45 menit atau lebih dari satu jam. Kegiatan semacam ini tentunya membuat data HP dalam keadaan aktif atau wi-fi tetap tersambung.

Baca Juga »  Aplikasi Saham Online Semakin Memudahkan Untuk Berinvestasi

Tentunya sistem pada HP akan menjaga agar video yang dilihat tetap nyaman dilihat pengguna. Hal ini yang menjadi penyebab HP akan terasa lebih cepat panas. Jadi, walaupun tidak digunakan dalam kegiatan bermain game, namun untuk menonton youtube tetap saja bisa menyebabkan panas.

4. Terjadi Konsumsi Energi Berlebihan

Tanpa disadari para pengguna HP, bahwa setiap pengaturan pada HP akan mempengaruhi konsumsi energi. Misalnya saat pengguna menyalakan senter terlalu lama akan membuat konsumsi energi juga banyak dan menyebabkan HP panas. Selain itu, pengaturan kecerahan layar juga bisa berpengaruh. Ini menjadi penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya bisa dengan menurunkan kecerahan layar.

Baca Juga »  Cara Membuka Chat Whatsapp Yang Terkunci Dengan Singkat Dan Mudah

5. Baterai dengan Performa yang Mulai Menurun

Setiap barang elektronik pasti memiliki umur yang berbeda-beda. Seperti manusia, dimana organ yang lama digunakan akan membuat kinerjanya menurun. Hal tersebut juga terjadi pada barang elektronik seperti HP semakin lama digunakan pasti akan membuat performa dari barang elektronik akan mengalami penurunan. Hal ini terjadi juga pada daya baterai.

Maka apabila pengguna merasa HP sudah bukan barang baru lagi, misalnya sudah 2 hingga 3 tahun lebih. Ada baiknya untuk memperhatikan penggunaan baterai. Cukup dengan tidak melakukan pengisian daya yang terlalu lama dan usahakan tidak memakai habis baterai 0 persen.

Demikian itu beberapa alasan yang menjadi jawaban atas pertanyaan apa penyebab HP cepat panas dan cara mengatasinya. Ternyata banyak kegiatan sehari-hari yang tidak sengaja dilakukan para pengguna HP yang terlihat sepele, namun ternyata bisa mengakibatkan HP yang panas dan mengganggu.