universitas jurusan desain busana

Mencari Universitas Jurusan Desain Busana di Indonesia? Ini Dia Daftarnya

Dunia fashion design memang terus berkembang setiap tahunnya, tak jarang selalu menghadirkan inovasi-inovasi terbaru yang menjadi tren terbaru. Untuk yang berminat dengan dunia fashion ada beberapa kampus atau universitas yang memiliki jurusan desain busana. Ingin tahu kampus mana saja? Berikut ini adalah 5 Universitas Jurusan Desain Busana yang ada di Indonesia:

1. Universitas Negeri Jakarta

Kampus pertama yang memiliki jurusan desain busana adalah Universitas negeri Jakarta. Lebih tepatnya adalah Program Studi Vokasional Desain Fashion yang memiliki daya tampung sebanyak 23 orang mahasiswa saja. Peminatnya pun terbilang cukup banyak, hal ini dapat dilihat dari data tahun 2020 dimana peminat jurusan ini sebanyak 603 yang telah mendaftar.

Jurusan ini telah mendapatkan akreditasi A dari penilaian BAN PT. Tidak heran, karena UNJ menyiapkan tenaga akademik yang profesional, bermutu, bertanggung jawab dan mandiri di bidang pendidikan tata busana. Diharapkan lulusan dari jurusan ini dapat mengaplikasikan keahliannya pada kehidupan, terutama di bidang tata busana.

2. Universitas Negeri Semarang

Universitas Jurusan Desain Busana lainnya adalah Universitas Negeri Semarang atau biasa disingkat dengan nama Unnes. Pada kampus ini telah terdapat sebuah program studi Pendidikan Tata Busana yang berada di Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Bukan hanya sekedar ada, prodi ini juga telah mengantongi akreditasi B dari BAN PT.

Prodi ini memiliki kelas di Kampus sekaran Unnes Gunungpati, Semarang dan berada di Fakultas Teknik. Lulusan Tata Busana diharapkan dapat menggeluti beragam profesi yang menarik seperti guru di SMK, Pegawai Negeri Sipil, atau bahkan berwirausaha.

Baca Juga  5 Fakta dari Sekolah Digital Kota Probolinggo yang Perlu Diketahui

3. Universitas Negeri Malang

Kampus ini sebenarnya memiliki nama awal IKIP malang ini, ternyata memiliki Program Studi Strata satu pendidikan Tata busana yang merupakan bagian dari jurusan Teknologi Industri. Universitas Negeri Malang menerima sekitar 27 kursi untuk mahasiswa yang mendaftar melalui jalur SNMPTN pada tahun 2021 ini, dengan peminat yang cukup banyak sekitar 454 orang.

Tujuan dari Jurusan Pendidikan Tata Busana UM ini yaitu menghasilkan lulusan yang cerdas, mandiri, dan dapat bersaing di kancah profesional pada bidang Tata busana dan pendidikan tata busana. Selain melalui SBMPTN, UM juga menampung mahasiswa yang mendaftar melalui jalur lain seperti SNMPTN dan juga jalur mandiri.

4. Universitas Negeri Yogyakarta

Di kampus ini terdapat satu jurusan yang bernama PKK atau Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, yang sekarang ini berganti nama menjadi Pendidikan Teknik Boga dan Busana disingkat PTBB. Sekarang jurusan ini berada di bawah fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Lalu program studinya pun berganti nama menjadi S1 Pendidikan Teknik Busana.

Yang dipelajari di jurusan ini antara lain: Konstruksi Pola Busana, Teknologi Tekstil, Sejarah Mode, Desain Busana, Grading Pola Busana, Teknologi Batik, Bordir, Peragaan Busana, dan lainnya. Mengenai fasilitas, di kampus ini fasilitas yang ada terbilang cukup untuk menunjang perkuliahan yang ada.

5. Universitas Negeri Makassar

Terakhir, mengenai kampus yang memiliki jurusan fashion design adalah Universitas Negeri Makassar. Sama seperti pada kampus lainnya, jurusan atau program studi Tata Busana disini berada dibawah Fakultas Teknik. Ada dua jurusan yang dipilih yaitu S1 Tata Busana dan D3 Tata Busana.

Kompetensi yang mesti dimiliki seorang lulusan dari Tata Busana adalah memahami prinsip dasar dari tata busana sesuai dengan perkembangan teknologi, pengetahuan, dan seni. Materi kuliah yang dipelajari juga beragam, mulai dari Pengetahuan tekstil,  Kriya tekstil, Konstruksi Pola dasar, Pemeliharaan dan Pengetahuan alat, pecah pola, dan lain sebagainya.

Baca Juga  Daftar Universitas dengan Jurusan Manajemen Bisnis di Jogja Lengkap dengan Ulasannya

Itulah kira-kira sedikit informasi yang bisa disampaikan mengenai Universitas Jurusan Desain Busana yang ada di Indonesia. Kemungkinan masih ada beberapa kampus lain yang tidak sempat disebutkan dan dibahas disini, seperti beberapa kampus swasta dengan jurusan yang sama dan tidak kalah bagusnya.