5 Daftar Cara Memindahkan Layar Hp ke TV dengan Kabel dan Tanpa Kabel

5 Daftar Cara Memindahkan Layar Hp ke TV dengan Kabel dan Tanpa Kabel

Terkadang seseorang perlu mengetahui cara memindahkan layar hp ke tv untuk keperluannya. Keperluan tersebut rata-rata untuk menonton film, presentasi atau bahkan untuk melihat video dengan layar yang lebih besar. Di bawah ini akan dipaparkan mengenai cara-caranya dengan mudah dan dapat dilakukan dengan sederhana.

1. Menggunakan Kabel Data

Metode yang pertama yakni dengan menggunakan kabel data, cara ini tergolong paling mudah untuk dilakukan. Orang yang memasang pun tidak perlu menggunakan aplikasi apapun untuk menggunakan cara ini. Kabel yang digunakan terbagi menjadi dua jenis yaitu micro HDMI dan kabel MHL. Untuk cara penggunaannya akan dijelaskan berikut ini.

Pertama-tama, matikan terlebih dahulu televisi dengan tekan tombol power atau melalui remotnya. Kedua, masukan kabel yang memiliki ujung gepeng ke handphone, dan sambungkan ujung satunya lagi ke port HDMI pada televisi. Kemudian, nyalakan kembali televisi, lalu pindah ke mode HDMI. Apabila sudah, akan muncul pemberitahuan di handphone, beri tanda ceklis pada pilihan “HDMI Connection”.

Baca Juga »  7 Cara Mengatasi Baterai Boros Paling Ampuh Pada HP

Jika sudah melakukan langkah-langkah tersebut, terakhir adalah memeriksa layar televisi yang sudah terhubung ke handphone. Langkah ini sudah selesai. Pengguna handphone dapat melihat tampilan layar handphonenya juga di televisi yang telah disambungkan dengan kabel data tersebut.

2. Menggunakan Chromecast

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan chromecast. Chromecast adalah adaptor HDMI yang bisa menyambungkan televisi dengan perangkat handphone atau gadget lainnya melalui koneksi internet. Cara ini memerlukan sebuah aplikasi yang bernama Google Home. Langkah-langkah penggunaannya adalah sebagai berikut.

Pertama, hubungkan chromecast terlebih dahulu ke port HDMI pada televisi. Kedua, unduh aplikasi Google Home di handphone, yang mana aplikasi ini akan berfungsi untuk mengontrol chromecast. Setelah itu, masuk ke “Wifi display”, lalu aktifkan “screen mirroring”. Jika sudah, pastikan perangkat handphone sudah tersambung ke wifi dan layar televisi sudah pada mode HDMI.

Baca Juga »  Bagaimana Cara Merubah Negara di Play Store?

Langkah terakhir adalah pengguna handphone akan melihat adanya kode yang terdapat pada layar televisi. Kemudian masukkan kode itu pada aplikasi Google Home yang telah diunduh sebelumnya. Selesai.

3. Menggunakan Miracast

Cara memindahkan layar hp ke tv selanjutnya adalah dengan menggunakan Miracast. Miracast mirip dengan Chromecast, yaitu menyambungkan layar hp ke tv dengan wifi. Namun, pastikan perangkat handphone sudah memiliki fitur Miracast ataupun Wireless Display terlebih dahulu.

Aktifkanlah pengaturan Miracast pada televisi, dan setiap televisi mempunyai cara yang berbeda untuk menyambungkan layar dari hp ke tv. Bukalah pengaturan, lalu klik “connection & sharing”, lalu pilih “cast”. Setelah itu aktifkan, dan tunggu hingga televisi mendeteksi hp. Selesai

4. Menggunakan Adapter Microsoft

Microsoft Wireless Display adalah suatu alat yang dapat digunakan untuk memindahkan layar hp ke tv. Alat ini termasuk sederhana dan mudah digunakan, dilengkapi juga dengan kualitas audio visual yang baik serta bisa digunakan pada android atau windows.

Baca Juga »  Cara Memperbaiki Keyboard yang Tidak Berfungsi Pada Laptop

Caranya cukup mudah, pengguna cukup menghubungkan konektor HDMI ke televisi. Setelah itu, menghubungkannya dengan windows atau handphone. Perlu diketahui juga bahwa alat ini tidak dapat digunakan pada perangkat iOS.

5. Menggunakan Slimport

Cara yang terakhir adalah dengan Slimport. Kelebihan dari alat ini adalah mempunyai desain yang sederhana dan tipis dan ringan, serta bisa digunakan untuk mengisi baterai handphone. Namun, kekurangannya adalah warna pada layar yang kurang jernih dan kadang tidak dapat berfungsi baik pada perangkat-perangkat tertentu.

Dari kelima cara memindahkan layar hp ke tv yang disebutkan diatas, dapat dipilih oleh penggunanya. Cara-cara tersebut tergolong lebih mudah dilakukan dan langkah penggunaannya yang sederhana dan tidak ribet.