Kenali Penyebab Download Lambat di Play Store

Kenali Penyebab Download Lambat di Play Store

Mengunduh di Play Store salah satu aktivitas yang banyak dilakukan pengguna Android. Namun, untuk beberapa situasi pengunduhan kerap melambat bahkan tertunda.   Penyebab download lambat di Play Store bisa disebabkan beberapa faktor.

Untuk bisa mengatasinya secara tepat, pengguna harus mendeteksi penyebab lambatnya proses download. Terdapat beberapa faktor yang memungkinkan bisa menyebabkan pengunduhan menjadi lambat. Apa saja faktor tersebut? Berikut ini ulasanya:

1. Koneksi Internet yang Tidak Stabil

Pertama-tama, proses pengunduhan yang lambat bisa dikarenakan koneksi internet yang tidak stabil. Kelancaran melakukan download harus didukung dengan jaringan internet yang bagus. Hal ini akan membuat pengunduhan lebih cepat dan lancar dilakukan.

Beberapa jaringan memiliki kualitas kurang bagus untuk melakukan pengunduhan. Untuk mengatasinya yaitu dengan mengalihkan mode jaringan yang digunakan. Jika pengunduhan dilakukan melalui mode WiFi, maka alihkan pada mode data seluler.

Baca Juga »  Tak Ribet, Berikut Cara Membuat Pesan Otomatis di Whatsapp Biasa. Yuk Ikuti Langkahnya!

Koneksi internet yang tidak stabil bisa dikarenakan beberapa hal, seperti halnya cuaca dan semacamnya. Agar proses  download bisa dilakukan secara lancar, pastikan koneksi internetnya bagus. Dalam hal ini, pastikan kuota internet memadai untuk melakukan download.

2. Penuhnya Kapasitas Cache

Penyebab lainnya yaitu bisa dikarenakan cache yang menumpuk. Keseringan mengunduh di Play Store bisa membuat kapasitas cache penuh. Hal ini akan membuat kinerja aplikasi Play Store lambat. Begitu pula halnya ketika melakukan pengunduhan.

Untuk mengatasinya tentu harus membersihkan cache yang menumpuk. Caranya yaitu dengan mengakses menu Setting dan pilih aplikasi. Selanjutnya, pilihlah menu penyimpanan dan lakukan penghapusan data cache.

3. Terjadi Bug

Selain itu, penyebab download lambat di Play Store juga bisa dikarenakan terjadi bug. Play Store yang terkena bug bisa memungkinkan proses pengunduhan menjadi lambat atau tertunda. Penting untuk mengatasinya, sehingga bug bisa terselesaikan. Kemungkinan Play Store yang digunakan merupakan versi lawas.

Baca Juga »  7 Cara Mengatasi HP Lemot OPPO yang Wajib Diketahui

Hal inilah yang bisa menyebabkan bug. Maka dari itu, penting untuk melakukan update pada aplikasi Play Store. Lakukan Update pada versi terbaru dengan cara mengakses menu setelan dan pilih versi Play Store. Selanjutnya, klik opsi Update untuk melakukan penginstalan ulang. Pastikan proses update dilakukan secara berhasil.

4.   Kapasitas Memori yang Tidak Mencukupi

Memori penuh bisa menjadi salah satu penyebab lainnya yang membuat download lambat. Selain itu, penyimpanan penuh bisa membuat kinerja ponsel tidak stabil. Salah satunya dalam mengakses aplikasi Play Store.

Pada dasarnya setiap ponsel disuguhkan dengan penyimpanan yang terbatas. Selain itu, aktivitas pengunduhan yang terlalu sering akan membuatnya lebih cepat penuh. Atasi dengan meluangkan kapasitas memori agar lebih mencukupi.

Baca Juga »  5 Cara Mengatasi Hp Lupa Pola yang Bisa Dilakukan Sendiri

5.   Masuk Daftar Antrian Pengunduhan Aplikasi

Melambatnya proses pengunduhan bisa dikarenakan aplikasi yang diunduh masuk ke daftar antrian. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan Play Store bisa melakukan update aplikasi secara otomatis. Ketika Play Store melakukan update pada suatu aplikasi, maka aplikasi yang ingin diunduh pun akan masuk daftar antrian.

Hal ini bisa dilakukan dengan menunda atau pun menyelesaikan proses update terlebih dahulu.  Selanjutnya, bisa dilakukan pengunduhan secara lancar. Salah satu faktor ini bisa menjadi penyebab melambatnya proses download. Pastikan setiap faktor diperhatikan seteliti mungkin. Hal ini bisa membuat para pengguna menemukan penyebabnya secara lebih cepat.

Demikianlah beberapa penyebab download lambat di Play Store yang bisa dipahami para pengguna. Pastikan untuk menemukan penyebabnya, sehingga bisa diterapkan solusi yang tepat. Selanjutnya, proses pengunduhan yang melambat pun bisa diatasi secara lancar.