Inilah 5 Cara Memindahkan Data Fingerprint ke Komputer yang Penting Diketahui

Inilah 5 Cara Memindahkan Data Fingerprint ke Komputer yang Penting Diketahui

Sebuah keunikan milik semua orang adalah sidik jari atau fingerprint. Kelebihan sidik yang berbeda di setiap manusia ini bisa dimanfaatkan. Karena itulah cara memindahkan data fingerprint ke komputer penting untuk diketahui. Dengan demikian, informasi-informasi yang menggunakan sidik jari akan tersimpan dengan aman. Berikut beberapa caranya, antara lain:

1. Menggunakan Aplikasi Time Attendance

Aplikasi sebagai cara memindahkan data fingerprint ke komputer terbagi atas Time Attendance Retrieve dan Time Attendance Admin. Setelah aplikasi di install, aturlah IP-nya sehingga sama dengan mesin fingerprint. Kemudian lakukanlah retrieve all log di Time Attendance Retrieve. Bukalah data-data yang diambil melalui process transaction log data di Time Attendance Admin.

Data-data tersebut dapat disaring. Pada kolom period dan end di menu modify, aturlah waktu mulai dan berakhirnya pengambilan data. Kemudian pilih process, lalu report agar dapat diolah dan dilaporkan. Tampilan tersebut dapat diatur menurut hari maupun nama pegawai. Meski demikian, tahapan-tahapan ini tidak pasti. Semua tergantung mesin fingerprint yang digunakan.

Baca Juga »  5 Daftar Situs Menaikan Resolusi Foto Online

2. Menggunakan Aplikasi Attendance Management

Aplikasi ini dapat diunduh lalu di install di komputer terlebih dahulu. Setelahnya, sambungkan dengan mesin fingerprint menggunakan menu connect. Lalu pilihlah opsi download user info and FP. Berikutnya, pilih users in device pada menu all users. Pengguna kemudian dapat mengunduh data sidik jari pada menu finger count.

Kemudian, bukalah menu data di aplikasi Attendance Management ini. Kliklah pada opsi selfservice reader/colour reader pada menu pengaturan USB. Lalu pilihlah import from U disk di import data user. Dengan demikian, komputer akan menyimpan data fingerprint cadangan. Hal ini bermanfaat untuk berjaga-jaga jika suatu saat data tersebut tanpa sengaja terhapus.

3. Menggunakan Flashdisk

Flashdisk merupakan salah satu benda yang biasa digunakan sehari-hari untuk menyimpan banyak data. Ternyata alat ini juga bisa digunakan sebagai cara memindahkan data fingerprint ke komputer. Untuk menggunakannya, pertama flashdisk harus disambungkan dengan tepat ke mesin khusus sidik jari. Setelah terhubung, bukalah menu dengan ikon yang menggambarkan flashdisk tersebut.

Baca Juga »  Mengenal Seputar Server Rack, Pengertian, Jenis dan Fungsinya

Kemudian, ada submenu yang bernama HisLog. Pengguna lalu bisa menginput tahun, bulan, serta tanggal tertentu di situ. Berikutnya, akan muncul data sidik jari yang terkait dengan waktu tersebut. Data-data yang telah dipilih akan bisa diunduh. Tunggulah proses download hingga selesai hingga akhirnya hasil unduhannya bisa dibuka di komputer.

4. Menggunakan Mouse

Selain flashdisk, ternyata sebuah alat sederhana yaitu mouse atau tetikus juga dapat memindai sidik jari. Salah satu merk yang mengeluarkan gawai ini adalah HP. Mouse besutan perusahaan teknologi ini disusun dengan sensor untuk scan fingerprint. Karena itulah, pemakaiannya sangat praktis. Pengguna cukup menempelkan sidik jarinya pada mouse untuk membuka komputer.

Pengguna tak perlu mengkhawatirkan keamanan mouse canggih ini. Perangkat yang sudah rilis pada tahun 2018 ini dilengkapi dengan AES-256 bit. Dengan demikian, beragam data sehubungan fingerprint pengguna akan terjaga dengan baik. Tak hanya itu, sembarangan orang akan sangat sulit untuk membobol sistem keamanan sidik jari ini.

Baca Juga »  Anti Lemot! Inilah Cara Menggunakan Anonytun Internet Gratis

5. Menggunakan Aplikasi Fast-D

Aplikasi terakhir yang dapat dipakai untuk memindahkan data fingerprint adalah Fast-D. Nama ini merupakan singkatan dari Fingerspot Automated Secure Template Distribution. Selain disambungkan ke laptop, Fast-D juga bisa terkoneksi dengan mesin lain untuk transfer data. Tak hanya itu, untuk melakukan proses tersebut tidak membutuhkan jaringan internet.

Kini pengguna tak perlu repot mendistribusikan data satu per satu menggunakan USB. Selain itu, melalui aplikasi ini pemakainya juga dapat menyimpan informasi terkait fingerprint. Aplikasi ini pun dilengkapi dengan beberapa fitur yang mendukung penggunaannya. Salah satunya adalah opsi log auto. Fitur ini memungkinkan data terus terpantau meski terjadi banyak perubahan.

Demikian cara memindahkan data fingerprint ke komputer yang sekilas terlihat cukup rumit. Namun, hal itu diperlukan agar data tersimpan dengan aman. Selain itu, informasi yang terkandung akan bisa terpantau dan terolah dengan lebih akurat. Hal ini tentunya akan menguntungkan pihak-pihak yang melakukan langkah-langkah tersebut.