Inilah Penyebab VPN Tidak Bisa Connect

Inilah Penyebab VPN Tidak Bisa Connect

Sekarang seseorang bisa berkreasi semaksimal mungkin dengan mengoptimalkan jaringan internet. Salah satu aplikasi yang bisa menjadi daya dukung jaringan yaitu VPN. Keberadaan VPN mampu meningkatkan kualitas jaringan dan juga membuka website yang telah di blok. Namun, ada beberapa hal yang menjadi penyebab VPN tidak bisa connect sebagaimana mestinya.

Ketika VPN tersebut tidak mampu connect,  tentu aplikasi ini tidak bisa bekerja.  Ada beberapa hal yang menjadi alasan mengapa hal itu bisa terjadi.  Maka,  untuk mengetahui hal tersebut,  pahami penyebabnya berikut ini:

1. Kesalahan Pada Jaringan

Ada saatnya ketika  menggunakan VPN tiba-tiba tidak bisa bekerja atau digunakan secara optimal. Hal tersebut biasanya karena terdapat kesalahan pada jaringan. Kesalahan yang satu ini biasanya dikarenakan adanya pengaturan DNS yang selalu diutak-atik.

Baca Juga »  6 Cara Mengatasi Play Store Error Di Android

Untuk mengatasi hal tersebut, pastikan mengecek kembali DNS yang digunakan sesuai dengan server jaringan. Sedangkan untuk melakukan pengecekan bisa menggunakan pengaturan yang ada di Hp kemudian pilih pengaturan jaringan.

2. VPN Tidak Kompatibel dengan Perangkat

Pada dasarnya ada banyak sekali aplikasi VPN yang tersedia saat ini baik di Play Store maupun di pencarian Google. Namun, tidak semua aplikasi tersebut mampu digunakan secara optimal di perangkat yang digunakan. Pilihlah sebuah VPN yang memang kompatibel dan tidak memberatkan perangkat.

Untuk penyebab VPN tidak bisa connect yang satu ini, cobalah untuk melakukan uninstall pada aplikasi yang telah digunakan. Lalu melakukan penginstalan ulang pada VPN jenis lain yang dirasa mampu bekerja dengan baik di perangkat.

3. Menggunakan VPN Gratisan

Ketika melakukan download aplikasi VPN di Play Store atau yang lainnya,  ada beberapa pilihan VPN berbayar maupun gratis. Bahkan ketika memilih versi gratis, akan ada tenggang waktu untuk pilihan menjadi premium atau berbayar.

Baca Juga »  Cara Membuka Blokir Wifi di Android Dengan Mengganti Mac Address

Ketika telah mencapai penggunaan maksimal, jika tidak di update ke versi berbayar bisa saja VPN tidak bisa digunakan. Jika terjadi hal tersebut, perlu melakukan penginstalan ulang dengan menghapus segala cache yang ada di perangkat.  Kemudian lakukan uninstall dan restart perangkat serta pengaturan agar VPN tersebut bisa digunakan kembali secara versi gratis.

4. Server Penuh

Untuk penyebab yang satu ini biasanya dikarenakan banyak orang memilih server Singapura atau Amerika yang memiliki jaringan VPN terkuat. Tapi ketika terlalu banyak server yang menggunakan VPN itu dalam satu lokasi, maka kemampuan aplikasi tersebut akan terasa berat.

Adanya hal ini menjadikan pengguna VPN harus memilih server atau lokasi yang dirasa berbeda atau memiliki pengguna yang lebih sedikit. Pemilihan ini terbilang paling ampuh untuk mengatasi VPN yang tidak bisa connect.

5. VPN Gagal Terhubung dengan Perangkat

Ada kalanya ketika sedang menggunakan VPN, ternyata situs-situs yang dikunjungi di blokir oleh jaringan. Hal tersebut menjadikan penggunanya harus melakukan pengaturan ulang pada VPN yang digunakan. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah mematikan dan menghidupkan kembali data seluler yang ada.

Baca Juga »  Cara Membuat Mind Mapping di Hp Paling Praktis!

Jika dengan cara ini belum cukup juga terkoneksi dengan VPN,  maka lakukan pengaturan atau input IP internet yang digunakan oleh jaringan secara manual.  Bukalah pengaturan jaringan kemudian pilih jaringan internet yang digunakan untuk terkoneksi. Setelah itu lakukan penginputan IP secara manual.

Pada dasarnya ada banyak penyebab VPN tidak bisa connect, tapi salah satu penyebab utamanya yaitu terdapat pada VPN itu sendiri. Pastikan mengetahui penyebabnya agar bisa mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan VPN secara mudah.