5 Cara Membuat File RAR di Android dengan Mudah

5 Cara Membuat File RAR di Android dengan Mudah

RAR merupakan satu dari sekian banyak format file terkompresi yang cukup populer selain ZIP dan 7z. Dengan mengubah file menjadi format RAR, ukuran file akan menjadi jauh lebih kecil dan tentunya menghemat ruang di ponsel. Untuk itu, berikut ini adalah 5 cara membuat file RAR di Android yang wajib diketahui:

1. Menggunakan Aplikasi ZArchiver

ZArchiver memungkinkan pengguna membuat dan mengekstrak file arsip dan file terkompresi. Ini sudah tersedia secara gratis dan sangat kompatibel dengan semua perangkat Android. ZArchiver memiliki antarmuka yang ramah pengguna dengan jenis pengarsipan yang terdiri dari 7z, zip, bzip2, gzip, XZ, dan tar.

Selain mengekstrak file, ZArchiver juga memungkinkan pengguna membuat file arsip RAR. Untuk membuat file arsip menggunakan ZArchiver, ikuti langkah-langkah berikut. Pertama, buka ZArchiver dan tekan lama pada file atau folder yang ingin diubah menjadi RAR. Setelah itu, klik ‘Kompres File’ dan sesuaikan setelannya. Klik ‘Ok’ dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Baca Juga »  Aplikasi Saham Online Semakin Memudahkan Untuk Berinvestasi

2. Menggunakan Aplikasi RAR

Cara membuat file RAR di Android yang berikutnya ialah dengan memakai aplikasi RAR. Aplikasi satu ini dikembangkan oleh developer yang juga mengembangkan software WinRAR untuk sistem operasi komputer. Ini merupakan software pengompresian untuk Android yang cukup populer setelah ZArchiver. Cara pengoperasiannya juga sangat mudah dan bisa dipahami oleh semua orang.

Untuk membuat file dengan format RAR di aplikasi ini, buka aplikasinya dan pilih file atau folder yang diinginkan. Klik kotak yang ada di samping file untuk memberikan tanda centang. Setelahnya, klik ikon arsip dengan tanda plus dan sesuaikan nama file dan format akhir. Pengguna juga bisa menambahkan kata sandi.

3. Menggunakan ES File Explorer

Merupakan aplikasi file manager khusus untuk Android. Ini merupakan aplikasi dengan segudang fitur seperti fitur pengorganisasian, pembersihan, dan bahkan pengompresan file. Keserbagunaanya membuat ES File Explorer cukup digemari oleh pengguna Android dalam menciptakan file RAR dengan mudah.

Baca Juga »  5 Cara Memindahkan Penyimpanan Internal ke Eksternal Secara Gampang

Pertama-tama, unduh terlebih dahulu ES di Play Store secara gratis. Setelah terpasang, buka dan langsung pilih file yang ingin dikompresi. Klik ikon titik tiga yang berada disamping file dan klik ‘Compress’. Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga file selesai dikompresi. Lama pengompresan tergantung ukuran file awal tadi.

4. Menggunakan Cloud Convert

Bagi pengguna yang malas atau enggan menggunakan aplikasi tambahan, maka bisa menggunakan Cloud Convert sebagai solusi alternatif. Ini merupakan web pengonversian file online yang dapat mengubah file ke lebih dari 200 jenis format termasuk RAR. Web ini sudah terbukti aman sehingga pengguna tidak perlu khawatir datanya akan tersebar.

Kunjungi web Cloud Convert disini dan di halaman utama ubah tujuan konversi menjadi RAR. Klik ‘Pilih File’ dibagian bawah untuk mengimpor file yang akan dikompresi. Pengguna juga bisa menambahkan beberapa file untuk melakukan pengompresan secara bersamaan. Setelah itu, klik ‘Convert’ dan tunggu hingga file selesai dikompresi.

Baca Juga »  Rekomendasi Aplikasi Untuk Scan Barcode Terbaik 2021

5. Menggunakan Fitur Bawaan

Mengubah file ke RAR sebenarnya bisa dilakukan dengan fitur bawaan pada file manager ponsel. Namun, fitur ini biasanya hanya tersedia pada beberapa jenis ponsel. Untuk mengubah filenya, masuk ke file manager dan klik file yang diinginkan. Klik ‘Kompres’ untuk mengubah file ke dalam format RAR.

Demikian tadi 5 cara membuat file RAR di Android yang wajib diketahui. Dengan mengubah file ke RAR, penyimpanan ponsel kini bisa menjadi lebih lega. Selain itu, file juga akan lebih mudah diunggah ke internet dan tentunya bisa menghemat waktu.