Mau Tahu Inilah Cara Menggunakan Aplikasi LinkAja dengan Simple!

Mau Tahu Inilah Cara Menggunakan Aplikasi LinkAja dengan Simple!

Dewasa ini, ada banyak aplikasi yang memudahkan kehidupan penggunanya, contohnya LinkAja. Dengan adanya dompet virtual itu, orang bisa melakukan pembayaran, menarik uang, dan sebagainya. Cara menggunakan aplikasi LinkAja juga praktis dan sederhana. Terlebih, aplikasi ini bisa digunakan melalui smartphone setiap saat. Berikut adalah cara penggunaannya, antara lain:

1. Mengunduh Aplikasi LinkAja

Cara menggunakan aplikasi LinkAja pertama-tama dengan mengunduhnya terlebih dahulu. LinkAja dapat di download untuk iOS maupun Android. Cara mengunduhnya pun sederhana, ketik dan pilihlah LinkAja di kolom pencarian lalu pencet tombol Install. Tunggu hingga prosesnya selesai, lalu aplikasi siap dibuka dan digunakan.

Setelah LinkAja terinstall, lakukan sign up atau registrasi. Pengguna kemudian diminta memasukkan nomor telepon dan membuat password pin. Selain itu, registrasi akun LinkAja juga bisa menggunakan Kode USSD. Pada telepon, hubungi *800*88*6 nomor pin #. Lalu, pencet angka 1 di menu registrasi. Proses pun selesai.

Baca Juga »  Download Dan Install Aplikasi Kamera Tembvs P4ndan9 Untuk Androidmu

2. Mengisi Saldo

Aplikasi LinkAja tentunya baru bisa dipakai jika saldonya terisi. Untungnya, pengguna dapat menambah saldo di akunnya dengan mudah. ATM, toko ritel, KIOSK dan GraPARI, serta transfer melalui bank merupakan cara-cara yang dapat dipilih untuk memenuhi hal tersebut. Dengan M-Banking dan kartu debit, pengguna juga dapat dengan mudah mengisi saldonya.

Tak hanya melalui ponsel, pengguna LinkAja juga dapat melakukan pengisian saldo di luar rumah. Saat sedang berada di toko yang menjadi mitra LinkAja, cukup kunjungi kasir. Pihak tersebut akan mengisikan saldo sesuai token. Customer Service GraPARI juga dapat melakukan hal yang serupa jika diberikan nomor telepon pengguna.

3. Melakukan Pembayaran untuk Belanja Online

Kegiatan belanja secara online digemari banyak orang, terutama di masa pandemi ini. Pengguna tak perlu repot pergi ke toko dan berdesakan dengan banyak orang. Kini, ada banyak ecommerce atau merchant yang melayani pembayaran belanja dengan aplikasi ini. Pengguna cukup memilih LinkAja saat ditanya mengenai metode pembayaran.

Baca Juga »  Install Aplikasi Kamera Android Dengan Fitur Canggih dan Mengejutkan

Setelahnya, pengguna harus memasukan pin dan nomor telepon yang digunakan pada aplikasi. Nanti akan ada SMS berisi pemberitahuan bahwa transaksi berhasil. Tentunya, pengguna LinkAja akan semakin diuntungkan jika ada semakin banyak toko yang bekerja sama dengan aplikasi ini. Maka. tak akan ada lagi kerepotan saat bertransaksi secara online.

4. Melakukan Pembayaran untuk di Toko

Selain untuk membayar belanjaan online, LinkAja juga bisa digunakan untuk pembayaran langsung di toko. Kini sudah ada banyak merchant ternama yang bekerja sama dengan aplikasi ini. Jadi pengguna tak perlu repot mengeluarkan uang cash untuk bertransaksi. Namun, sebelum membayar dengan LinkAja, pastikan saldo sudah cukup terisi.

Cara menggunakan aplikasi LinkAja untuk membayar di merchant adalah melalui pemindaian QR. Biasanya, di toko tersebut sudah ada mesin Static QR atau EDC. Kode tersebut bisa langsung di scan di smartphone. Setelahnya, kirimkan nominal pembayaran yang tepat. Pengguna juga bisa membuat QR Token dahulu di aplikasi LinkAja untuk metode transaksi.

Baca Juga »  Anti Lemot! Inilah Cara Menggunakan Anonytun Internet Gratis

5. Melakukan Pengiriman Uang

Tidak punya rekening bank? Jangan khawatir, proses pengiriman uang dapat dilakukan menggunakan LinkAja tanpa rekening sekali pun. Hal ini dikarenakan aplikasi tersebut menyediakan fitur kirim uang. Nantinya, pengguna cukup memasukkan nomor telepon orang yang juga memakai LinkAja. Kemudian masukkanlah nomor pin yang terdaftar di aplikasi itu. Uang pun akan terkirim.

Selain metode tersebut, pengguna juga bisa mengirim uang dengan rekening di LinkAja. Tahapannya pun serupa dengan sebelumnya. Jika transfer dilakukan untuk bank selain BTN, BNI, BRI, dan Mandiri, akan dikenakan biaya admin. Lalu, bagi penerima uang nanti hanya perlu menampilkan kode penarikan di GraPARI, mitra LinkaAja, merchant, dan ATM.

Masih ada banyak lagi cara menggunakan aplikasi LinkAja. Aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk membayar tagihan, membeli pulsa, dan lain-lain. Pengguna juga bisa menggunakan layanan LinkAja dengan lebih lengkap. Syaratnya, cukup tunjukan kartu identitas asli di GraPARI. Aplikasi ini pun akan menjadi semakin praktis.