Cara Memperbaiki Keyboard yang Error Pada Laptop Tanpa Harus Ganti Baru

Cara Memperbaiki Keyboard yang Error Pada Laptop Tanpa Harus Ganti Baru

Keyboard laptop memang rawan terjadi kerusakan, mulai dari satu tombol macet, hingga keseluruhan keyboard tidak dapat digunakan. Sebagai pengguna laptop, keyboard error pasti sangat mengganggu. Namun tidak perlu terlalu risau karena ada cara memperbaiki keyboard yang error tanpa harus menggantinya. Namun sebelumnya pengguna harus mengetahui penyebab dari error-nya keyboard tersebut.

Tanpa disadari beberapa hal yang dianggap sepele ternyata menjadi penyebab keyboard laptop menjadi error, seperti jarang membersihkan keyboard laptop. Debu dan kotoran yang menempel ke keyboard laptop dapat menyebabkan keyboard menjadi macet dan tidak berfungsi. Selain itu penyebab keyboard error bisa disebabkan oleh software maupun hardware laptop.

Mengetahui Kerusakan dan Cara Mengatasi Keyboard Error

Untuk mengetahui kerusakan tersebut, pengguna dapat membuka menu BIOS dengan cara menekan F2 berulang kali saat laptop booting. Apabila pengguna tidak dapat menggunakan keyboard maka kemungkinan kerusakan terjadi pada hardware. Misalnya adanya kerusakan pada komponen keyboard tersebut.

Baca Juga »  Cara Bikin NPWP Online Lewat Hp Mudah dan Cepat

Jika memang pada hardware maka cara memperbaikinya adalah dengan cara menggantinya dengan yang baru. Namun jika masalah tersebut terjadi pada software, pengguna tak perlu risau. Jika masalah itu memang pada software maka gunakan cara di bawah ini:

1. Membersihkan Debu Pada Keyboard Laptop

Debu dan kotoran yang menempel pada keyboard bisa menjadi salah satu alasan keyboard menjadi macet. Untuk mengatasinya, bersihkan keyboard dengan menggunakan kuas atau menggunakan selotip untuk mengangkat debu yang menempel pada sela-sela tombol. Membersihkan tumpukan debu ini bisa menjadi cara sederhana untuk mengatasi keyboard yang mendadak macet.

2. Restart Laptop

Penyebab keyboard laptop error yang lainnya adalah masalah pada software. Untuk mengatasinya pengguna dapat me-restart laptop untuk memulai kembali sistem operasi komputer agar berjalan lancar. Cara ini biasanya sudah dapat memperbaiki keyboard laptop yang error, namun jika belum berhasil pengguna bisa menggunakan cara selanjutnya.

Baca Juga »  Kenali Ciri Ciri Hardisk Laptop Rusak Sebelum Hal Lebih Parah Terjadi

3. Reinstall Driver Keyboard

Masalah lain yang menyebabkan keyboard error adalah driver keyboard yang error. Cara memperbaiki keyboard yang error jika karena driver error bisa mencoba untuk meng-uninstall driver keyboard pada laptop. Driver keyboard dapat ditemukan pada device manager kemudian uninstall, setelah itu restart laptop untuk menyelesaikan langkah ini.

Laptop akan otomatis menginstal ulang driver setelah laptop di restart. Biasanya dengan melakukan cara ini keyboard laptop yang error bisa langsung diatasi. Namun jika masih belum berhasil pengguna dapat melakukan cara ini berulang kali hingga keyboard bisa digunakan kembali.

4. Nonaktifkan Tombol Num Lock

Ketika tiba-tiba tombol keyboard tidak dapat digunakan kemungkinan secara tidak sengaja pengguna mengaktifkan num lock. Hal ini memang dapat menyebabkan keyboard menjadi tidak berfungsi. Oleh karena itu untuk mengatasinya pengguna dapat me-non aktifkan numlock yang ada pada keyboard laptop. Caranya dengan menekan kombinasi fn dan numlock secara bersamaan.

Baca Juga »  5 Perbedaan Ps2 Hardisk dan Matrix Slim

5. Service Laptop

Jika cara diatas sudah dilakukan dan belum membuahkan hasil maka cara terakhir adalah membawanya ke service center terdekat. Sangat tidak disarankan kepada pengguna membongkar sendiri laptop untuk mengatasi masalah ini. Oleh karena itu lebih baik untuk membawanya kepada ahlinya jika memang keyboard laptop masih belum bisa digunakan.

Itu tadi 5 cara memperbaiki keyboard yang error pada laptop. Kerusakan pada keyboard memang rawan terjadi, apalagi ketika keyboard tersebut sering digunakan. Perhatikan untuk selalu menjaga kebersihan keyboard laptop untuk mengantisipasi permasalahan pada keyboard laptop.