Begini Lho, 5 Cara Menggunakan Earphone Wireless!

Begini Lho, 5 Cara Menggunakan Earphone Wireless!

Banyak orang seringkali membutuhkan earphone agar suara dari gawainya tidak terdengar di luar. Kini juga sudah banyak dijual perangkat tersebut tanpa kabel. Cara menggunakan earphone wireless perlu diketahui, khususnya bagi pengguna pemula. Berikut adalah langkah pemakaian alat tersebut, yang mudah dan sederhana untuk diterapkan:

1. Menghubungkannya dengan Android

Android merupakan salah satu jenis smartphone yang digunakan dalam berbagai merk. Karena itu, cara menggunakan earphone wireless pertama adalah membuat koneksi dengan gawai tersebut. Tahapannya simpel dan mudah dimengerti. Pertama, pengguna harus membuka opsi connections pada menu setting. Pengaturan tersebut dapat ditemukan dengan mengusap layar atau mengetuk ikon gerigi.

Selanjutnya nyalakan bluetooth pada perangkat yang ingin disambungkan ke smartphone Android. Caranya tergantung instruksi pemakaian yang tersedia pada alat. Aktifkan pula bluetooth di gawai smartphone tersebut, lalu pilih opsi scan. Bluetooth earphone nantinya akan terdeteksi oleh Android dan bisa tersambung. Ketuk nama earphone tersebut, dan perangkat akan siap digunakan.

Baca Juga »  Cara Memperbaiki Memory Card Rusak pada Smartphone

2. Menghubungkannya dengan PS4

Selain smartphone, earphone wireless juga bisa disambungkan dengan konsol game. Salah satunya untuk Playstation yaitu PS4. Dengan ini, pengalaman pemain game akan lebih menyenangkan. Tahap pertama yang harus dilakukan adalah nyalakan bluetooth di perangkat untuk telinga tersebut. Kemudian bukalah menu utama pada PS4 dan pilih opsi setting yang tersedia.

Berikutnya pilih bluetooth devices, dan kemudian akan muncul daftar perangkat yang bisa disambungkan ke PS4. Pencetlah pada nama yang diinginkan, yaitu earphone wireless. Dengan demikian, perangkat tersebut akan segera terkoneksi dan bisa digunakan. Earphone juga bisa disambung ke PS4 melalui USB atau kontrolernya.

3. Menghubungkannya dengan TV

Teknologi sudah semakin berkembang pesat, sehingga TV yang canggih juga sudah bisa disambung earphone. Cara menggunakan earphone wireless pun bisa diterapkan untuk perangkat ini. Tahapan untuk mengkoneksikannya berbeda-beda tergantung merk TV. Namun, pada dasarnya, pengguna perlu mengkondisikan earphone agar pairing terlebih dahulu. Lalu aktifkanlah pula fungsi bluetooth pada TV.

Baca Juga »  Ini Dia Cara Membuat Alamat di Google Maps Lewat Hp

Meski demikian, ada kalanya TV tidak menunjang untuk fitur bluetooth tersebut. Untuk itu, pengguna perlu menyiasatinya dengan membeli bluetooth transmitter. Alat ini bisa dipasang pada bagian belakang TV tersebut. Pastikan model perangkat yang dipilih mampu menyiarkan sinyal secara stabil dan kompatibel dengan banyak gawai lainnya.

4. Menghubungkannya dengan Laptop

Dengan menghubungkan earphone wireless ke laptop, pengguna akan mendapatkan suara dengan kualitas yang baik. Untuk laptop dengan Windows, pertama pergilah ke menu setting dengan ikon gerigi. Nyalakanlah bluetooth pada menu device. Pengguna kemudian bisa menambahkan device baru yaitu earphonenya. Berikutnya, pastikan earphone dalam kondisi pairing. Lalu klik nama gawai ini untuk menggunakannya.

Pada laptop Macbook, caranya hampir serupa. Koneksi dapat dibuat dengan mudah untuk earphone dan gawai tersebut. Nyalakanlah bluetooth di menu system preferences. Lalu pastikan earphone dalam keadaan pairing. Lalu koneksikanlah perangkat ke laptop dengan mengklik namanya, seperti pada Windows. Earphone pun siap digunakan dengan baik pada kedua merk laptop tersebut.

Baca Juga »  Cara Merubah Pesan Suara Menjadi Teks di Whatsapp dengan Mudah dan Cepat

5. Menghubungkannya dengan iPhone

Selain Android, jenis smartphone lain yang biasa digunakan adalah iPhone. Telepon genggam jenis ini juga bisa dikoneksikan dengan earphone wireless. Caranya pun mudah dan sederhana, seperti pada Android. Pertama, bukalah menu setting. Opsi ini dilambangkan dengan ikon roda bergerigi yang bisa diklik. Nantinya akan terlihat banyak pilihan, termasuk bluetooth.

Geser slider pada bluetooth hingga aktif atau berwarna hijau. Berikutnya, aktifkan mode pairing pada earphone. Caranya tergantung pada merk masing-masing gawai tersebut. Lalu pencet nama earphone yang tertera pada layar iPhone. Perangkat tersebut akan langsung terkoneksi dengan smartphone, lalu bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Cara menggunakan earphone wireless memang beragam. Hal ini dikarenakan perangkat tersebut kompatibel dengan banyak gawai. Meski demikian, cara menghubungkannya sebenarnya sederhana. Jika tahapan-tahapan ini berhasil dilakukan, pengguna cukup memasangnya di telinga. Suara pun akan bisa terdengar dengan jernih.

Pencarian Popular

cara menggunakan headphone wireless