5 Penyebab Layar Laptop Mati dan Cara Mengatasinya

5 Penyebab Layar Laptop Mati dan Cara Mengatasinya

Laptop merupakan barang elektronik yang pasti dibutuhkan. Sebagai alat penunjang pekerjaan, pendidikan ataupun sarana hiburan, laptop dipilih karena praktis dan mudah dibawa. Namun, penggunaan terlalu sering tanpa diimbangi perawatan bisa menyebabkan masalah, misalnya layar laptop mati. Berikut penyebab layar laptop mati serta cara untuk mengatasinya yang wajib diketahui:

1. Terdapat Masalah pada Mainboard Laptop

Kasus layar laptop mati secara tiba-tiba sering membuat jengkel, apalagi saat sedang mengerjakan tugas. Salah satu penyebab layar laptop bermasalah bisa jadi karena ada error pada mainboard laptop. Lakukan pengecekan terlebih dahulu pada komponen lain dari laptop untuk memastikan pusat masalah.

Cara yang bisa dilakukan dengan melepas beberapa komponen seperti WiFi Card, Hard Disk, dan DVD dari perangkat laptop. Kemudian bersihkan jika ada debu dan kotoran yang menempel. Setelah itu coba nyalakan ulang laptop, jika menyala artinya masalah terletak pada komponen eksternal karena konsleting. Jika tetap mati maka masalah terletak pada mainboard.

2. Terdapat Masalah pada RAM Laptop

Masalah kedua yang biasa terjadi adalah RAM laptop sudah rusak. Rusaknya RAM bisa mengakibatkan tidak ada tampilan pada layar meskipun lampu indikator hidup dan mesin menyala. Cara untuk mengatasi masalah ini adalah melakukan pengecekan kondisi RAM.

Baca Juga »  Cara Membuka Link Google Drive yang Tidak Bisa Dibuka Atau Error dan Alasannya !

Langkah untuk mengecek kondisi RAM adalah melepaskannya. Kemudian bersihkan RAM dari debu yang mungkin menempel. Setelah itu pasang kembali RAM dan nyalakan laptop. Jika tidak berhasil, satu-satunya cara adalah mengganti RAM dengan yang baru.

3. Terdapat Masalah pada Baterai Laptop

Baterai pada laptop memiliki umur pakai dan suatu saat harus diperbarui. Namun, hal ini bisa diminimalisir dengan penggunaan dan perawatan komponen dengan benar. Penyebab layar laptop mati salah satunya karena masalah baterai dan daya laptop.

Solusi dapat dilakukan dengan menyambungkan laptop pada adaptor listrik dengan posisi baterai tetap terpasang. Tunggu beberapa saat hingga terisi daya dan coba nyalakan kembali. Jika layar tetap tidak mau menyala, maka lepas baterai tapi tetap sambungkan adaptor ke sumber listrik. Jika layar bisa menyala, artinya baterai rusak dan harus diganti.

Baca Juga »  Cara Memperbanyak Viewer YouTube yang Gampang Banget

4. Terdapat Masalah pada Adaptor Laptop

Masalah lain berkaitan dengan daya laptop adalah kerusakan pada adaptor. Komponen yang berfungsi untuk mengisi daya baterai laptop ini memang rentan konslet. Cobalah untuk mengecek aliran listrik dari sumber listrik atau stop kontak yang digunakan. Pindah lokasi sambungan pada stop kontak lain untuk membandingkan dan mengecek ada atau tidak arus listrik.

Jika stop kontak tidak bermasalah, maka kemungkinan disebabkan oleh adaptor yang rusak. Ciri adaptor rusak salah satunya jika lampu indikator baterai tidak menyala. Lakukan pengecekan pada kabel adaptor, mungkin terdapat sambungan yang terputus.

5. Terdapat Masalah pada Tombol Power Laptop

Tombol power seringkali mengalami error disebabkan oleh penggunaan yang kurang berhati-hati. Selain itu, tegangan listrik yang masuk secara tiba-tiba dan tidak stabil juga bisa mengakibatkan kerusakan pada tombol power. Hal ini bisa mengakibatkan layar laptop mati secara total.

Baca Juga »  Cara Mengatur Bandwidth WiFi agar Kecepatannya Bisa Disesuaikan

Cara mengatasi hal seperti ini bisa dengan melepaskan charger yang tersambung. Kemudian matikan laptop dengan menekan tombol on/off (power) selama kurang lebih 30 detik hingga daya habis dan mesin berhenti. Setelah laptop benar-benar mati, mulai ulang dengan menyambungkan charger dan menghidupkan laptop seperti biasanya.

Itulah beberapa masalah yang sering dihadapi oleh pengguna laptop. Contoh diatas bisa dijadikan referensi seputar penyebab layar laptop mati dan cara mengatasinya. Jadi tidak perlu lagi panik atau khawatir jika menemui permasalahan yang sama di kemudian hari. Analisis asal penyebabnya untuk bisa menemukan solusi yang tepat.