5 Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca Pada Laptop/PC yang Bisa Dilakukan

5 Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca Pada Laptop/PC yang Bisa Dilakukan

Peran flashdisk dalam kehidupan saat ini terbilang banyak membantu, dimana dengan sebuah flashdiks pengguna bisa menyimpan data. Namun, terkadang kendala muncul ketika flashdisk tersebut mengalami masalah yaitu tidak bisa terbaca. Ada beberapa cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca di laptop.

1. Memeriksa Flashdisk

Cara ini tergolong mudah dan sederhana sekali. Pengguna hanya memerlukan flashdiks yang lain untuk mengetesnya. Hal pertama yang harus dilakukan adalah pengguna bisa mencolokan flashdisk tersebut ke laptop. Apabila ternyata pada laptop tersebut terbaca dengan menggunkan flashdisk lain. Maka kemungkinan flashdisk yang satunya mengalami kerusakan sehingga tidak mampu terbaca di laptop.

2. Periksa Menggunakan Driver Usb

Saat menggunakan fashdisk pengguna pasti pernah mengalami hal yang mungkin sedikit membuat kesal. Contohnya flashdisk yang digunakan mengalami trouble sehingga menghambat pekerjaan dan aktivitas pengguna semua. Oleh karena itu ada salah satu cara yang dapat dipakai untuk memperbaikinya yaitu dengan menggunakan fitur driver.

Baca Juga »  Cara Membuka Akun FB yang Terkunci Permanen Mudah Tanpa Ribet

Langkah pertama yang dilakukan adalah memasukan flashdisk ke computer. Apabila saat dimasukan flashdisk tersebut mengalami kendala maka coba masuk ke bagian control panel dan klik device manager. Selanjutnya klik bus controllers , periksa usb storage. Apabila di dalam laptop terdapat tanda kuning maka bisa dipastikan drivernya mengalami suatu gejala kerusakan.

Cara mengatasi coba lakukan uninstall device dan pilih pop peringatan tunggu proses tersebut selesai. Setelah itu coba lakukan restart.

3. Memanfaatkan Fitur Computer Management

Apabila cara di atas masih belum bisa pengguna bisa menggunakan menu computer management. Untuk cara pengguannya sendiri pertama sambungkan flashdisk. Kemudian buka computer management dengan cara mengklik kanan dan pilih opsi computer management pada layar.

Baca Juga »  WiFi Lambat? Inilah Cara Mempercepat Jaringan WiFi di Hp

Setelah itu pilih disk management dan pilih menu flashdisk. Selanjutnya klik change drive letter pada menu tersebut dan pilih change. Di menu assign pengguna bisa klik ok. Maka nama flashdisk akan berubah dengan sendirinya. Apabila masih belum bisa, pengguna bisa melakukan format, dengan cara klik format pada menu disk management. Setelah itu teman-teman akan disuruh mengisi data-data yang berhubungan dengan flashdiks dan klik ok.

4. Memakai Aplikasi Tambahan Anti Virus

Cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi anti virus. Aplikasi ini nantinya yang akan bekerja untuk menagkal virus yang masuk ke computer.

Penyebab terdapatnya virus pada flashdisk ada bermacam-macam salah satunya karena flashdisk sering digunakan secara sembarangan dari satu komputer ke komputer lain dengan intesitas yang sangat tinggi. Untuk cara mengatasinya pengguna bisa mengunduh aplikasi anti virus agar bisa menghapus virus tersebut.

Baca Juga »  Cara Memutus Jaringan WiFi IndiHome dari Pengguna Lain

5. Memakai Cmd

Cmd atau yang biasa disebut command prompt merupakan fitur bawaan pada computer yang dapat difungsikan di berbagai hal yang berkaitan dengan sistem operasi. Cmd bisa juga digunakan untuk mengatasi kendala pada flashdisk.

Cara menggunakanya pertama buka menu command prompt kemudian tulis chkdsk G:; ubah huruf G tersebut sesuai letak atau nama dari flashdisk yang akan digunakan. Dengan adanya fitur cmd ini tentunya banyak memberikan solusi yang berkaitan dengan masalah komputer maupun hardware.

Berikut tadi cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca. Sebuah flashdisk memang sangat penting untuk menyimpan suatu data. Sama seperti peralatan elektronik lainnya flashdisk juga bisa mengalami kerusakan. Oleh karena itu alangkah baiknya agar menggunkan flashdisk dengan baik agar terhindar dari kerusakan yang disebabkan dari pemakaiaan.