5 Cara Membuat Foto Bergerak Seperti Boomerang

Boomerang merupakan salah satu fitur story yang disematkan di dalam Instagram. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna akan dapat menghasilkan gambar yang bergerak secara berulang-ulang. Gambar bergerak ini sebenarnya juga bisa dihasilkan tanpa Instagram, namun masih banyak orang yang tidak mengetahui caranya. Untuk itu, berikut ini adalah 5 cara membuat foto bergerak seperti boomerang:

1. Menggunakan Zoetropic

Aplikasi Zoetropic memungkinkan pengguna untuk membuat gerakan dalam foto dan GIF berkualitas tinggi dari gambar pilihan. Meskipun aplikasi ini tidak mengandung fitur luar biasa seperti aplikasi lain di Play Store, tetapi masih memiliki sejumlah fitur yang tidak kalah keren. Zoetropic mudah untuk digunakan. Bahkan seorang pemula dapat menggunakannya secara efisien.

Cara membuat foto bergerak seperti boomerang dengan Zoetropic cukup mudah. Buka aplikasi Zoetropic di smartphone dan pilih gambar yang ingin diedit. Tambahkan titik Motion pada gambar. Tambahkan titik Stabilize untuk menahan gerakan sehingga akan membuat foto tidak buram. Untuk hasil terbaik gunakan filter/efek gambar pada output.

Baca Juga »  Tak Ribet, Berikut Cara Membuat Pesan Otomatis di Whatsapp Biasa. Yuk Ikuti Langkahnya!

2. Menggunakan Plotaverse

Plotaverse merupakan software khusus iOS yang memanfaatkan teknik animasi yang membawa gerakan ke gambar diam. Plotaverse menganimasikan gambar menjadi file GIF atau video berulang yang indah. Tidak perlu merekam video atau mengambil beberapa bingkai, satu JPEG adalah semua yang dibutuhkan aplikasi ini.

Impor gambar yang ingin dianimasikan ke dalam Plotaverse. Pilih alat animasi dan panah bagian yang ingin digerakkan. Sebuah panah panjang berarti gambar berjalan cepat dan panah pendek akan membuat area itu menjadi lambat. Klik Play untuk menyaksikan preview gambar. Lakukan beberapa penyesuaian dan bagikan ke Instagram, Facebook, dan sosmed lain.

3. Menggunakan Loopsie

Loopsie adalah aplikasi baru yang memungkinkan pengguna membuat loop gambar seperti boomerang dengan cepat langsung dari ponsel Android atau iOS. Loopsie memungkinkan pengguna membuat foto boomerang yang menakjubkan serta fitur lain seperti paralaks, smart long exposure, light trails, dan banyak lagi.

Baca Juga »  5 Daftar Cara Memindahkan Layar Hp ke TV dengan Kabel dan Tanpa Kabel

Cukup unduh aplikasinya dan impor foto yang diinginkan. Tandai area yang ingin digerakkan dengan panah. Buat agar foto berulang seperti boomerang menggunakan fitur Loop. Setelah semuanya selesai, cukup klik Ekspor untuk mendapatkan hasil akhir. Gunakan resolusi tinggi agar foto tidak buram/pecah.

4. Menggunakan StoryZ

Aplikasi gratis ini memungkinkan pengguna menambahkan efek gerakan dengan mudah ke foto apa pun. Ada dua pilihan mode, yaitu ripple atau motion. Untuk efek ripple, pilih area yang akan ditambahkan. Tambahkan fitur stabilisasi agar gambar tidak goyang. Setelah area yang diinginkan sudah terlindungi, tambahkan masking pada area yang tidak bergerak.

Opsi lainnya, yaitu Motion memungkinkan pengguna menggabungkan foto dengan video. Pilih masing-masing dari galeri, lalu ganti ke mode overlay pada video di area foto. Setiap file yang disimpan akan memiliki watermark yang dapat dihapus dengan akun premium. Aplikasi ini juga memiliki komunitas bawaan bagi pengguna untuk membagikan hasil editan.

Baca Juga »  5 Cara Mudah Convert Video Ukuran Besar Online

5. Menggunakan Live Motion Picture

Live Motion Picture mudah digunakan dengan fitur-fitur canggih serta antarmuka sederhana dan pengguna bisa memberikan gerakan langsung ke foto. Aplikasi ini memiliki semua alat canggih untuk mengubah gambar sederhana menjadi gerakan langsung yang menakjubkan.

Cara penggunaan aplikasi ini kurang lebih sama dengan yang sudah disebutkan diatas. Pengguna cukup menyeleksi gambar, tambahkan efek gerakan, dan klik ekspor. Satu gambar dengan efek seperti boomerang siap untuk dibagikan ke sosial media.

Demikian tadi 5 cara membuat foto bergerak seperti boomerang. Dengan cara yang sudah disebutkan di atas, para pembaca kini bisa dengan mudah menciptakan efek seperti boomerang pada gambar yang diinginkan.