Syarat dan Cara Membuat Situs URL YouTube Mudah Banget

Syarat dan Cara Membuat Situs URL YouTube Mudah Banget

Saat merambah dunia YouTube, untuk terlihat lebih profesional sebagai YouTuber harus mulai memikirkan nama yang menjual. Nama ini juga nantinya bisa disematkan pada URL YouTube. Tapi URL YouTube yang terlalu panjang membuat akun tampak ribet. Maka, perlu pemahaman syarat dan cara membuat situs URL YouTube yang benar berikut ini:

Syarat Membuat URL YouTube

YouTube sebenarnya bisa dengan otomatis memberikan situs URL pada sebuah channel YouTube. Namun, pengguna YouTube bisa secara custom untuk merubah situs URL. Tapi tidak sembarang channel YouTube yang bisa mengganti URL sesuka hati. Terdapat beberapa syarat channel YouTube yang bisa mengganti URL secara custom sebagai berikut:

1.   Akun dengan 100 Subscribers

Syarat dalam cara membuat situs URL YouTube secara custom yang pertama adalah akun YouTube harus memiliki setidaknya 100 subscriber di channelnya. Melalui hal ini, YouTube mengakui bahwa akun pengguna adalah akun aktif dan sering dikunjungi. Tidak mudah untuk mengumpulkan 100 subscriber dalam waktu singkat, jadi butuh usaha untuk mencapainya.

Baca Juga »  Download Dan Install Aplikasi Kamera Tembvs P4ndan9 Untuk Androidmu

2.   Akun Berusia minimal 1 Bulan

Syarat yang kedua adalah akun YouTube pengguna harus minimal berusia 1 bulan. Jadi, akun yang baru saja dibuat belum bisa mengubah situs URL YouTube secara custom. Hal ini karena akun belum terverifikasi oleh YouTube itu sendiri. Pastinya viewer maupun subscriber juga belum terlalu banyak hingga mencapai 100-an.

Perlu diperhatikan juga bahwa situs URL YouTube tersebut bukanlah nama yang pernah dipakai dalam channel YouTube sebelumnya. Karena hal tersebut bisa membuat situs URL tersebut diklaim oleh YouTube secara otomatis.

3.   Akun Memiliki Foto Profil dan Banner

Syarat yang terakhir adalah akun YouTube harus memiliki gambar atau foto profil. Tidak hanya itu, akun YouTube tersebut juga sudah memiliki gambar banner. Mengapa ini penting? Karena gambar profil maupun banner merupakan identitas akun, tanpa adanya foto tersebut tidak akan meningkatkan subscriber itu sendiri.

Baca Juga »  Cara Merubah Nama Akun Gmail Anti Ribet dan Cepat

Cara Membuat URL YouTube

Setelah syarat diatas sudah terpenuhi semua, situs URL sesuai dengan keinginan pengguna bisa langsung disesuaikan. Tidak hanya itu, URL itu sendiri bisa diganti dengan variasi dalam kapitalnya. Tidak ada Batasan aturan EYD dalam URL custom tersebut. Sebagai contoh channel AkukaMuID.

Langkah membuat situs URL YouTube tidaklah sulit. Untuk lebih lanjutnya simak cara membuat situs URL YouTube sesuai kehendak pengguna dengan mudah, apalagi bagi pemula berikut ini:

  • Pertama, buka YouTube Studio
  • Kemudian, setelah membuka situs tersebut akan terdapat di bagian kiri menu.
  • Saat sudah menemukan daftar menu tersebut, langsung saja klik pada tombol Customization > Basic Info
  • Lalu di bagian bawah terdapat Channel URL, setelah itu langsung klik pada Set a Custom URL for Your Channel.
  • Setelah itu, muncul kotak URL milik akun pengguna.
  • Buat situs URL sudah bisa diterapkan.
  • URL khusus tersebut bisa divariasi dengan huruf hingga angka sesuai dengan selera.
  • Langkah terakhir adalah klik pada tombol publish.
  • Lalu lanjut untuk klik pada tombol confirm.
  • Setelah dikonfirmasi, URL tersebut dapat digunakan.
Baca Juga »  Cara Membuka Akun Fb yang Sudah Ditutup Permanen dengan Banding

Perlu diingat bahwa situs URL khusus ini tidak bisa diubah setelah dikonfirmasi. Walau demikian, pengguna bisa menghapus situs URL tersebut sebanyak 3 kali dalam satu tahun. Setelah dihapus, baru bisa menggunakan situs URL baru kembali.

Bagaimana? Mudah sekali bukan cara membuat situs URL YouTube sendiri. Akun pengguna tidak akan lagi terlihat ribet dan membosankan. Hal tersebut bisa dibarengi dengan membuat  konten seru pada channel yang dimiliki, agar menghibur penonton.