Simak Cara Memperbaiki Google Play Store yang Tidak Bisa Dibuka

Simak Cara Memperbaiki Google Play Store yang Tidak Bisa Dibuka 

Berbicara mengenai kegiatan saat menggunakan gawai pasti tidak lepas dari mendownload dan install aplikasi. Tentunya Google Play Store bisa jadi andalan untuk mendownload gratis dan dijamin juga aman. Namun, beberapa orang sempat mengeluh pasalnya tiba-tiba tidak bisa diakses aplikasi Google Play Store nya. Berikut cara memperbaiki Google Play Store yang tidak bisa dibuka bisa dipraktekkan:

1. Memastikan Ruang Penyimpanan Cukup

Salah satu yang menyebabkan sistem tidak berjalan optimal adalah ruang penyimpanan yang penuh. Sehingga permasalahan aplikasi yang tidak dapat dibuka bisa jadi disebabkan karena hal tersebut. Oleh karena itu pengguna bisa memastikan ada tidaknya ruang penyimpanan yang memadai. Jika terlalu penuh maka bisa menghapus file sampah atau cache.

Caranya masuk pada bagian pengaturan di HP, kemudian lanjut pada menu manage apps. Kemudian buka icon satu persatu pada aplikasi yang terinstall, setelah itu klik opsi bersihkan cache agar file sampah terhapus. Atau pengguna juga bisa membersihkan RAM secara otomatis menggunakan aplikasi pembersih pihak ketiga seperti Clean Master.

Baca Juga »  Ini Dia 5 Cara Membuka File XML

2. Mencopot atau Uninstall Pembaruan Aplikasi Terlebih Dahulu

Tidak bisa dibukanya Google Play Store kemungkinan terjadi masalah pada aplikasi itu sendiri. Biasanya hal ini terjadi setelah aplikasi mengalami pembaharuan secara otomatis. Sehingga untuk mengatasi masalah ini bisa dilakukan uninstal pembaharuan aplikasi.

Caranya masuk pada menu setting kemudian lanjut memilih aplikasi “google play store”. Selanjutnya bisa pilih opsi uninstall updates. Jika sudah, pengguna bisa membuka aplikasi kembali dan mengecek apakah sudah bisa dibuka lagi atau belum.

3. Memperbaharui Aplikasi

Bisa jadi aplikasi yang belum terupdate juga merupakan salah satu penyebab terjadinya sistem terganggu. Sehingga, pengguna perlu melakukan pembaruan atau update pada aplikasi Google Play Store tersebut.

Baca Juga »  Lupa Password_ Inilah Cara Membuka Laptop yang Terkunci

Caranya mudah dengan masuk pada aplikasi playstore. Kemudian klik pada bagian atas layar yang terdapat garis tiga. Lalu pilih opsi pengaturan dan klik bagian versi playstore. Jika belum diperbaharui maka setelah ditekan otomatis sistem akan terbaharui. Namun, jika sudah pernah di update pada versi paling baru maka terdapat tulisan ‘google play store is up to date’.

4. Melakukan Reset Akun Google

Sebagai cara memperbaiki Google Play Store yang tidak bisa dibuka cobalah reset pada akun tersebut. Pastikan pertama adalah membuka pada pengaturan HP. Setelah itu masuk menu akun google, maka akan muncul email yang digunakan oleh perangkat tersebut.

Selanjutnya pengguna bisa menghapus sementara akun tersebut, caranya dengan klik delete. Maka secara otomatis saat membuka playstore maka sistem akan meminta pengguna memasukkan akun. Dan kemudian login ulang pada perangkat tersebut. Cara ini bisa menjadi solusi saat Google Play Store bermasalah.

Baca Juga »  7 Cara Mengatasi Baterai Boros Paling Ampuh Pada HP

5. Merestart HP

Jika hanya merestart akun google belum berhasil, maka bisa dengan mencoba merestart perangkat. Pasalnya melakukan restart HP bisa menjadi solusi paling ampuh saat sistem di HP mengalami gangguan. Adapun cara melakukannya pengguna bisa menekan power lebih lama dari biasanya.

Kemudian akan muncul beberapa opsi salah satunya adalah restart atau mulai ulang. Klik bagian tersebut hingga perangkat akan mati sejenak dan tunggu beberapa saat hingga kemudian nyala dengan sendirinya. Mungkin ini membutuhkan waktu beberapa detik saja, setelahnya bisa cek pada aplikasi.

Sekian cara memperbaiki Google Play Store yang tidak bisa dibuka. Jadi, saat terjadi kendala yang serupa tidak perlu panik lagi. Pengguna setia Play Store bisa mengikuti langkah-langkah yang sudah dipaparkan diatas.