Kenali Ciri Ciri Hardisk Laptop Rusak Sebelum Hal Lebih Parah Terjadi

Kenali Ciri Ciri Hardisk Laptop Rusak Sebelum Hal Lebih Parah Terjadi

Istilah hardisk laptop mungkin tidak terdengar asing. Hardisk berfungsi untuk menyimpan data yang ada pada perangkat. Namun, komponen ini juga tidak luput dari kerusakan. Penting untuk mengetahui ciri ciri hardisk laptop rusak agar hal buruk bisa dihindari. Media penyimpanan yang rusak tentu akan menghambat kinerja perangkat.

Ada banyak sebab kenapa hardisk bisa rusak. Seperti diantaranya, usia yang sudah lama, penggunaan yang berlebihan, aliran listrik yang masuk tidak stabil dan lain sebagainya. Pada pembahasan kali ini, akan coba mengurai ciri atau gejala dini sebuah hardisk sudah rusak. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Kinerja Laptop Lambat

Salah satu gejala yang bisa timbul dari kerusakan hardisk adalah lambatnya kinerja perangkat. Pengguna bisa saja menyadari hal ini ketika jaringan normal namun, komputer terasa lelet. Indikasi seperti ini kemungkinan besar hardisk memang sudah rusak.

Baca Juga »  Cara Merubah Nama Akun Gmail Anti Ribet dan Cepat

Kondisi ini juga bisa menjadi peringatan dini bahwa telah terjadi masalah pada perangkat computer. Perihal semacam ini sering terjadi kala pengguna membuka sebuah program, membuka file ataupun saat menyimpan sebuah dokumen.

2. Sering Terdengar Suara Aneh Dari Dalam Hardisk

Tidak jarang hardisk yang sudah rusak akan menimbukan suara-suara aneh dari dalam komputer. Hal ini tentu saja sangat mudah dikenali, sebab sura yang muncul tidak biasa seperti bunyi “kresek-kresek”. Kendala seperti ini bisa terjadi terus menerus hingga menyebabkan kebisingan.

Apabila hal ini terjadi berulang, lebih baik matikan computer untuk sementara waktu agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah. Jika memiliki budget lebih segera bawa ke tempat reparasi untuk mengetahui masalah sebenarnya.

Baca Juga »  Cara Membuka Akun FB yang Terkunci Permanen Mudah Tanpa Ribet

3. File Sering Rusak Ataupun Corrupt

Pernahkah terbayang, file yang disimpan dengan benar tiba-tiba rusak dengan sendirinya. Hal ini mungkin akan membuat jengkel penggunanya, bukan? Jika kondisi semacam ini terjadi, kemungkinan besar hardisk mengalami kerusakan cukup parah. File data dalam komputer maupun laptop sering rusak atau corrupt.

Pada banyak kasus, sebagian besar orang mencoba memperbaiki file dengan mengaktifkan program dari aplikasi deteksi virus. Namun kenyataanya, hal ini tidak dapat berjalan baik, karena sebab sesungguhnya dari kerusakan file bukanlah virus melainkan hardisk yang rusak. Guna mencegah hal lebih buruk terjadi, segera matikan perangkat dan lihat kondisi hardisk yang digunakan.

Hal ini biasanya juga diikuti dengan sebuah pemberitahuan atau prompt jika berkas yang disimpan telah rusak. Apabila kendala seperti ini sering terjadi, langkah satu-satunya adalah membawa ke tempat service untuk diganti yang baru.

4. Muncul Blue Screen

Perangkat yang tidak dapat melakukan booting, bahkan terdapat masalah seperti blue screen adalah ciri ciri hardisk laptop rusak berikutnya. Meskipun pengguna telah melakukan install ulang perangkat, namun hal ini tetap bisa saja terjadi. Kondisi dan gejala ini kemungkinan besar karena hardisk memang sudah rusak. Jadi sesegera mungkin hentikan pemakainan komputer.

Baca Juga »  5 Cara Mudah Convert Video Ukuran Besar Online

5. Muncul Kode Aneh Pada Laptop

Hardisk yang telah rusak dapat mengalami overheat atau suhu perangkat melebihi suhu normal. Tidak jarang juga, laptop tiba-tiba restart dengan sendirinya. Begitupun akan muncul kode eror dari dalam laptop. Perangkat juga tidak dapat masuk ke desktop.

Mengetahui ciri ciri hardisk laptop rusak dapat mencegah kerusakan yang lebih parah. Sejauh ini untuk mengatasi hal tersebut adalah membawa ke tempat service. Sebab kerusakan disebabkan oleh hardisk tergolong kerusakan fatal, yang apabila tidak segera ditangani bisa menjalar ke komponen lainnya.