Ini Dia Cara Membuat Alamat di Google Maps Lewat Hp

Ini Dia Cara Membuat Alamat di Google Maps Lewat Hp

Layanan Google Maps saat ini semakin banyak digunakan. Dalam berbagai usaha Google Maps tak luput ambil bagian, seperti keperluan transportasi online, belanja di e-commerce dan kebutuhan lainnya. Untuk lokasi yang belum terdaftar, pengguna bisa menambahkannya sendiri. Cara membuat alamat di Google Maps lewat hp bisa menyimak langkah dibawah ini.

Untuk menambahkan alamat di Google Maps, pengguna bisa melakukannya dengan mudah melalui hp ataupun PC. Pengguna bisa menambahkan sendiri alamat rumah, toko, atau lokasi tertentu yang belum terdaftar di google. Hal tersebut bertujuan agar lebih mudah mencari alamat tersebut kedepannya jika diperlukan.

Langkah-Langkah Menambahkan Alamat Lokasi Tertentu

Cara membuat alamat di Google Maps lewat hp pengguna dapat menggunakan aplikasi Google Maps yang telah dipasang. Cara ini biasanya digunakan untuk menambahkan alamat rumah pribadi, kos atau alamat usaha yang dimiliki. Gunanya adalah untuk mempermudah ketika melakukan transaksi online seperti jual beli melalui e-commerce atau ketika menggunakan transportasi online.

Baca Juga »  File Foto Terlalu Besar_ Inilah Cara Merubah Ukuran File Foto Melalui PC!

Jika hendak menambahkan alamat dengan menggunakan aplikasi Google Maps, maka pastikan pengguna sudah mempunyai aplikasi Google Maps di Hp yang akan digunakan. Selanjutnya pastikan bahwa pengguna juga telah terkoneksi dengan internet untuk melakukan proses ini. Berikut ini langkah membuat alamat di Google Maps dengan menggunakan aplikasi:

1. Menambahkan Alamat Melalui Edit Peta

Setelah membuka Google Maps pada perangkat yang digunakan baik itu Hp android atau iOS, kemudian pada menu yang ada di bawah, pilih kontribusi. Ada dua pilihan yang bisa pengguna pakai yaitu edit peta dan tambahkan tempat. Cara pertama yaitu edit tempat, kemudian setelah di klik maka akan muncul berbagai opsi.

Baca Juga »  6 Cara Memperbaiki Laptop Layar Hitam Alias Blank Dengan Tepat Dan Mudah

Pengguna bisa memperbaiki alamat dengan menambahkan detail alamat pada lokasi tertentu dengan klik ‘perbaiki alamat’. Sedangkan untuk membuat alamat, pengguna dapat memilih opsi ‘tambah atau perbaiki alamat’. Disini pengguna dapat menambahkan informasi seperti nama tempat, kategori tempat, jam operasional dan lain-lain. Setelah selesai klik kirim untuk mengirim masukan ke Google Maps.

2. Menggunakan Fitur Add Place

Cara kedua untuk menambahkan alamat di Google Maps, setelah memilih menu kontribusi klik pada bagian add place. Cara ini memang lebih mudah untuk dilakukan oleh pengguna. Langkah selanjutnya sama seperti di atas yaitu memasukkan informasi yang berkaitan dengan tempat tersebut. Setelah itu klik kirim untuk mengirim masukan ke Google Maps.

3. Menunggu Konfirmasi

Baik menggunakan cara pertama atau kedua, langkah selanjutnya adalah menunggu konfirmasi dari pihak Google. Pihak Google akan meninjau dan memvalidasi alamat yang baru saja ditambahkan oleh pengguna. Jika masukan tersebut disetujui oleh Google, maka pengguna akan mendapatkan konfirmasi yang dikirim ke alamat e-mail pengguna.

Baca Juga »  Jawab Rasa Penasaran! Berikut Cara Membuka Chat WA yang Sudah Dihapus dengan Mudah

4. Menunggu Alamat Baru Ditambahkan

Jika alamat tersebut disetujui oleh Google, maka pengguna akan mendapatkan e-mail dari pihak Google mengenai konfirmasi alamat baru. Setelah itu maka alamat yang ditambahkan tadi akan muncul di Google Maps dan dapat dilihat oleh publik. Alamat yang baru saja ditambahkan baru dapat dilihat secara publik 1×24 jam.

Setelah menyimak Cara membuat alamat di Google Maps lewat Hp di atas pengguna bisa menambahkan lokasi yang belum terdaftar ke Google Maps. Meskipun sederhana namun beberapa orang mungkin masih belum mengetahui cara ini. Pastinya dengan menambahkan alamat dari lokasi tertentu dapat membantu untuk menemukan detail lokasi tertentu dengan lebih mudah.