Cara Memperbanyak Viewer YouTube yang Gampang Banget

Cara Memperbanyak Viewer YouTube yang Gampang Banget

Memiliki banyak viewer adalah salah satu impian setiap content creator YouTube. Semakin banyak viewer, artinya banyak pula yang menyukai konten tersebut. Sayangnya, hal ini sangat sulit diwujudkan. Seorang YouTuber pemula pasti merasakan hal yang sama. Lalu, adakah cara memperbanyak viewer YouTube yang mudah dilakukan? Jawabannya ada, berikut rangkumannya:

1. Kenali Viewer dan Keinginannya

Tipe Viewer atau audiens sangatlah beragam. Setiap viewer pasti memiliki keunikan dan ketertarikan pada suatu hal yang mungkin berbeda satu sama lain. Dari sekian banyak pengguna YouTube, tidak semua menyukai konten politik. Sebagian mungkin adalah viewer setia video komedi, kuliner, acara traveling ataupun otomotif.

Keberagaman minat pengguna ini bisa dijadikan tolak ukur dalam memutuskan target viewer. Jika channel YouTube yang dibuat memiliki tema resep masakan, maka target viewer bisa digolongkan dari remaja perempuan sampai ibu rumah tangga.

Baca Juga »  Cara Menyembunyikan WiFi IndiHome di PC dan Hp Android

Selain itu, kenali apa yang diinginkan oleh viewer. Lakukan riset kecil tentang konten apa yang paling digemari oleh viewer dalam hal resep masakan. Misalnya, buat konten tentang kumpulan resep sederhana sehari-hari, resep camilan viral, atau tip dan trik memasak.

2. Pilih Topik Paling Diminati

Cara memperbanyak viewer YouTube yang kedua adalah membuat konten dengan topik yang paling diminati. Topik yang sedang hangat atau trending akan menarik lebih banyak viewer. Lakukan riset secara berkala dan selalu update informasi tentang topik terhangat yang sedang dibicarakan masyarakat.

Misalnya, channel dengan tema resep masakan bisa memilih topik makanan yang sedang trending. Tahun lalu, sedang viral minuman bernama es kepal milo. Karena sedang viral dan menjadi perbincangan masyarakat, maka viewer konten tersebut juga meningkat.

Baca Juga »  Tak Ribet, Berikut Cara Membuat Pesan Otomatis di Whatsapp Biasa. Yuk Ikuti Langkahnya!

3. Perhatikan Kualitas Audio

Mungkin tidak semua YouTuber menyadari hal ini. Hal sepele yang sering dilupakan bahkan dianggap remeh. Kebanyakan content creator hanya berfokus pada tampilan video atau gambar yang bagus dengan kualitas tinggi. Padahal, audio jauh lebih penting dan menjadi penentu jumlah viewer.

Saat ini sudah banyak aplikasi sejenis YouTube yang menyediakan layanan menonton video dengan kualitas gambar rendah. Tujuannya untuk meminimalkan penggunaan kuota. Bisa diambil kesimpulan bahwa kualitas gambar tidak begitu penting dibanding audio.

4. Percantik Thumbnail Video

Cara memperbanyak viewer YouTube selanjutnya adalah menghias tampilan video sebagus mungkin. Sebagai seorang viewer, pasti akan lebih tertarik untuk mengunjungi konten dengan tampilan thumbnail yang unik. Membuat thumbnail bisa berupa kombinasi gambar ataupun potongan adegan yang diambil dari video tersebut. Bisa juga diberi tulisan yang membuat penasaran ataupun sedikit spoiler isi video.

Baca Juga »  Penyebab Mainboard Laptop Rusak beserta Solusinya

5. Kolaborasi Konten dengan YouTuber Lain

Tidak asing rasanya mendengar kata konten kolaborasi. Sebagai seorang YouTuber, apalagi yang sudah banyak memiliki subscriber, melakukan kolaborasi dengan YouTuber lain sangat menyenangkan. Hubungan simbiosis mutualisme ini bisa membawa dampak baik bagi kedua belah pihak.

Selain mempercepat penambahan viewer, sudah pasti jumlah subscriber ikut merangkak naik. Cobalah membuat konten kolaborasi dengan YouTuber potensial mengusung tema yang sedang viral dan lihat hasilnya. Tapi perlu di ingat, buatlah konten yang tetap sesuai dengan tema awal channel.

Demikian cara memperbanyak viewer YouTube di atas bisa di praktekkan utamanya bagi YouTuber pemula. Setelah channel berkembang, salah satu tips yang penting untuk mempertahankan viewer adalah memberikan reward. Jangan segan untuk mengadakan acara giveaway sebagai sarana berterima kasih kepada viewer sekaligus menarik hati viewer baru lainnya.