Cara Memblokir YouTube untuk Membatasi Video Bagi Anak-Anak

Cara Memblokir YouTube untuk Membatasi Video Bagi Anak-Anak

YouTube adalah salah satu platform yang dapat digunakan berbagai kalangan salah satunya anak-anak untuk mengakses video dari berbagai channel yang ada. Ketika sedang asyik menggunakan YouTube tampil beberapa video yang tidak diinginkan dan membuat risih. Ada cara memblokir YouTube agar tidak melihat berbagai video yang tidak diinginkan.

Video di YouTube yang akan muncul merupakan rekomendasi dari video yang telah pengguna lihat sebelumnya. Namun ada beberapa video yang membuat risih penonton sehingga ingin memblokir video bahkan channel tersebut. Adapun cara memblokir YouTube untuk membatasi video untuk anak-anak, sebagai berikut:

1. Blokir Konten YouTube Melalui Smartphone Android

Melalui smartphone Android, pengguna bisa memblokir konten YouTube yang mengganggu atau bersifat dewasa. Buka YouTube yang ada di smartphone kemudian tunggu beberapa saat hingga layar awal sudah tampil. Akan ada ikon profil pengguna di pojok kanan atas yang bisa di klik kemudian Pilih setelan.

Baca Juga »  Penyebab Mainboard Laptop Rusak beserta Solusinya

Pada setelan akan banyak pengaturan yang bisa membuat pengguna memblokir konten yang tidak layak ditonton bagi anak-anak. Pada setelan tersebut pilih bagian umum untuk menghidupkan mode terbatas yang ada di dalamnya. Maka konten dewasa pada YouTube sudah terblokir dan sudah aman ditonton bagi anak-anak maupun pengguna dewasa.

2. Blokir Konten YouTube Melalui iPhone dan iPad

Memblokir konten YouTube yang memiliki unsur dewasa dapat diatasi melalui iPhone dan iPad. Pengguna bisa membuka akun yang ingin digunakan agar tidak melihat konten dewasa, kemudian menuju pada profil. Klik setelan yang berada di bagian bawah pada profil pengguna. Langsung saja menuju ke bagian umum dan ketuk mode terbatas.

3. Blokir Konten YouTube Melalui Android Tv

YouTube pada android TV sudah banyak digunakan di setiap rumah sehingga perlu dibatasi karena dapat ditonton oleh anak-anak. Langsung saja pengguna memasukkan akun YouTube yang digunakan kemudian pilih aplikasi YouTube. Tunggu beberapa saat hingga muncul di layar awal YouTube kemudian menuju ke profil pemilik akun.

Baca Juga »  Download Dan Install Aplikasi Kamera Tembvs P4ndan9 Untuk Androidmu

Setelah itu pengguna bisa klik setelan dan menuju ke bagian umum. Di bagian umum akan banyak opsi yang dapat diterapkan untuk menghasilkan konten yang berkualitas. Aktifkan mode terbatas dan semua video dewasa tidak akan tampil pada beranda YouTube.

4. Blokir Konten Melalui Layar Utama

Selanjutnya ada cara memblokir YouTube yang tayangannya tidak layak untuk anak-anak. Para orang tua bisa membuka aplikasi YouTube Kids terlebih dahulu. Setelah itu ada video yang dirasa tidak boleh dilihat oleh anak-anak maka dapat klik ikon titik tiga. Kemudian akan tampil opsi blokir video ini atau blokir channel ini.

Setelah itu masukkan kode yang tertulis pada YouTube untuk mengkonfirmasi nya atau bisa menggunakan kata sandi pemilik akun sesuai dengan permintaan. Setelah itu video tersebut tidak akan tampil lagi hingga pengguna membuka blokirannya.

Baca Juga »  5 Cara Kompres Video di Android Tanpa Aplikasi yang Worth It untuk Dicoba_

5. Blokir Konten Melalui Halaman Video

Memblokir konten YouTube yang mengganggu untuk anak-anak termasuk pengguna dewasa bisa melalui halaman video tersebut. Pertama-tama pengguna membuka YouTube Kids terlebih dahulu, kemudian klik ikon titik tiga pada video tersebut. Setelah itu klik blokir dan pengguna bisa memilih blokir channel ini atau blokir video ini.

Selain itu pengguna harus mengklik opsi blokir untuk memastikan bahwa pengguna telah yakin. Kemudian masukkan kode sesuai dengan permintaan dari perintah YouTube untuk memblokir video tersebut. Jadi, semua video yang diblokir tidak akan dapat dilihat oleh pengguna akun termasuk anak-anak.

Itulah beberapa cara memblokir YouTube untuk membatasi video yang akan dilihat oleh anak-anak. YouTube memiliki kebijakan bagi pengguna di berbagai kalangan salah satunya anak-anak yang harus diawasi oleh orangtuanya. Orangtua bisa mengikuti cara di atas agar video YouTube terhindar dari adanya konten dewasa.