jurusan di unisnu jepara

5 Jurusan di Unisnu Jepara yang Sudah Terakreditasi B BAN PT

Unisnu merupakan kepanjangan dari Universitas Islam Nahdlatul Ulama yang merupakan gabungan dari INISNU, STIENU, dan STTDNU yang didasari atas Keputusan Kemendikbud No 148/E/O/2013 yang berada dibawah naungan Yayasan Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama Jepara, sehingga kini disebut sebagai Unisnu Jepara. Penasaran apa saja program studi yang ada disana? Berikut ini adalah 7 Jurusan di Unisnu Jepara:

1. Perbankan Syariah

Jurusan pertama yang akan dibahas adalah Perbankan Syariah. Jurusan ini merupakan program studi yang berada di Fakultas Syari’ah dan Hukum di Unisnu Jepara. Akreditasi B dari BAN PT sudah diperoleh oleh jurusan ini sejak tahun 2017. Jurusan ini sedang naik daun dan hampir umum dijumpai di banyak perguruan tinggi lainnya. Selaras dengan tumbuhnya sistem perbankan syariah di Indonesia.

Dalam jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari banyak cabang ilmu, sehingga pada satu kampus dengan kampus yang lainnya akan terdapat sedikit perbedaan mengenai apa yang dipelajari. Adapun yang dipelajari biasanya berupa seluk beluk perbankan, ekonomi moneter, manajemen kredit, etika bisnis yang Islami, ekonomi syariah, dan lain-lain.

2. Pendidikan Bahasa Inggris

Selanjutnya, jurusan di Unisnu Jepara yang telah meraih akreditasi B dari BAN PT adalah jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Jurusan ini berada di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan yang ada di Unisnu Jepara. Akreditasi yang didapatkan oleh jurusan ini sudah ada sejak 2017. Singkatnya, pada pendidikan Bahasa Inggris ini akan berfokus pada pembelajaran bahasa inggris.

Pembelajaran disini mencakup berbagai hal mulai dari listening (mendengarkan), speaking (berbicara), reading (membaca), writing (menulis). Bukan hanya itu penggunaan bahasa inggris juga mencakup dalam berbagai konteks seperti presentasi, menulis artikel, hingga pertunjukan drama.

Baca Juga  Memiliki Biaya yang Fantastis, Beberapa Sekolah Termahal di Korea Ini Ternyata Memiliki Lulusan Idol

3. Manajemen

Selanjutnya beralih dari Fakultas Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan menuju Fakultas Ekonomi Bisnis. Terdapat jurusan Manajemen yang telah meraih akreditasi B juga dari BAN PT. Jurusan ini terbilang mainstream dan banyak ditemukan di hampir kebanyakan perguruan tinggi. Hal ini karena jurusan ini memang mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan perusahaan yang ada saat ini.

Manajemen mempelajari banyak mengenai kegiatan perusahaan corporate yang berkaitan dengan ilmu ekonomi, bisnis, dan pemasaran. Selain itu juga, manajemen meliputi ilmu-ilmu perusahaan lain seperti organisasi, strategi bisnis, ketenagakerjaan, manajemen produksi, administrasi, dan masih banyak yang lainnya.

4. Akuntansi

Keempat, jurusan ini masih berada di lingkungan yang sama dengan jurusan manajemen, yaitu Fakultas Ekonomi Bisnis di Unisnu Jepara. begitu juga dengan akreditasinya yang sama dengan jurusan manajemen yaitu B dari BAN PT. Akuntansi ini berkaitan dengan metode pencatatan dan penyusunan laporan keuangan yang digunakan untuk membantu proses pengambilan keputusan oleh para pemangku kepentingan.

Jurusan ini erat sekali hubungannya dengan angka dan perhitungan. Jurusan ini banyak diminati karena setiap sektor dalam kehidupan ini, khususnya sektor bisnis tentu memerlukan sosok seorang staf akuntansi dalam lingkungannya. Jadi akan sangat mudah untuk seorang lulusan akuntansi dalam menemukan pekerjaan.

5. Teknik Informatika

Terakhir, dari fakultas yang berbeda yaitu Fakultas Sains dan Teknologi yaitu jurusan Teknik Informatika. Berbeda dengan jurusan-jurusan sebelumnya yang termasuk kedalam rumpun ilmu soshum, jurusan ini termasuk kedalam rumpun saintek yang biasanya diisi oleh mahasiswa yang kebanyakan berasal dari jurusan IPA. Jurusan juga ini telah memiliki akreditasi B dari BAN PT.

Dalam teknik informatika, mahasiswa akan mempelajari bagaimana cara dalam menggunakan teknologi yang ada dalam komputer saat ini dan mendatang secara optimal untuk menangani berbagai masalah pengolahan data dengan proses logika. Mahasiswa dari jurusan ini setelah lulus biasanya sudah mahir dalam merancang suatu perangkat lunak atau biasanya disebut dengan software.

Baca Juga  Mengenal 2 di Jurusan Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo dan Biaya Kuliahnya

Itu dia sedikit informasi tentang jurusan di Unisnu Jepara yang telah terakreditasi B dari BAN PT. Sebenarnya masih ada beberapa jurusan lain yang telah terakreditasi B dari BAN PT. Namun dirasa kelima jurusan tersebut sudah cukup untuk mewakilinya mengingat beberapa jurusan diatas merupakan jurusan favorit.