sekolah tinggi pariwisata ambarrukmo

Mengenal 2 di Jurusan Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo dan Biaya Kuliahnya

Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo merupakan salah satu perguruan tinggi yang ada di Jogja. Kampus yang juga dikenal dengan nama STIPRAM ini berstatus sebagai perguruan tinggi swasta atau PTS. STIPRAM berdiri sejak 2001 dan memiliki akreditasi B. Meskipun bukan universitas negeri, STIPRAM hingga saat ini masih menjadi universitas pariwisata yang memiliki banyak peminat.

Pilihan Jurusan Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo

Bagi yang ingin lebih mengenal kampus ini, ada baiknya mengetahui beberapa program studi yang ada. STIPRAM memiliki 2 jurusan dengan jenjang kuliah yang berbeda yaitu perhotelan dan pariwisata. Untuk lebih jelasnya, sima ulasan terkait 2 jurusan tersebut di bawah ini:

1. Perhotelan

Jurusan ini mempelajari ilmu perhotelan yang meliputi manajemen jasa penginapan hingga produksi makanan cepat saji yang biasa disajikan di hotel. Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo memfokuskan mahasiswa yang mengambil jurusan ini agar memiliki keterampilan di bidang yang sama. Maka, mahasiswa tidak hanya mendalami teori saja, tetapi juga diberikan kesempatan untuk praktikum dan magang di hotel.

Dengan melaksanakan magang, mahasiswa diharapkan mampu menerapkan ilmu yang telah dipelajari di perkuliahan di dunia kerja. Selain itu, program magang juga bisa menjadi bekal bagi mahasiswa sebagai pengalaman kerja. Adapun, jenjang kuliah yang tersedia di kampus ini tidak hanya D3 saja, tetapi jurusan perhotelan juga disertai program S1.

2. Pariwisata

Selain perhotelan, STIPRAM juga memiliki satu jurusan lainnya yaitu pariwisata. Mahasiswa yang memilih jurusan ini akan dibekali ilmu dan wawasan mengenai destinasi wisata hingga manajemen bisnis traveling. Kampus STIPRAM juga mendidik mahasiswa agar lebih mengenal dan mencintai budaya Indonesia, khususnya budaya lokal dari berbagai daerah.

Baca Juga  Sebelum Memutuskan untuk Mencoba Jurusan Hukum di USU, Ketahui 7 Hal Berikut Ini

Sebab, keunikan dari budaya Indonesia bisa menjadi daya tarik dan alat promosi untuk menarik para wisatawan nusantara hingga wisatawan mancanegara. Bagi yang menyukai traveling, jurusan pariwisata tentunya akan menjadi pilihan terbaik karena bisa lebih mengenal potensi setiap daerah di Indonesia. Hal-hal menarik dan keunggulan daerah akan dipelajari di jurusan ini.

Tujuannya, lulusan pariwisata STIPRAM bisa merancang strategi promosi yang baik dan menemukan daya jual daerah di Indonesia sehingga menjadi destinasi wisata yang menarik. Jenjang kuliah yang tersedia di kampus ini yaitu S1 dan S2. Jadi, bagi yang sudah mendapat gelar sarjana dan ingin mendalami ilmu pariwisata bisa mengambil program S2 di STIPRAM.

Biaya Kuliah

Mahasiswa yang di STIPRAM tentunya harus membayar biaya kuliah. Tak bisa dipungkiri, biaya kuliah memang hal paling penting yang harus diperhatikan saat menentukan pilihan kampus. Oleh karena itu, simak komponen biaya kuliah STIPRAM yang harus dibayarkan oleh mahasiswa:

1. Uang Pangkal

Uang pangkal adalah biaya yang wajib dibayarkan mahasiswa di awal masa perkuliahan. Setelah resmi terdaftar sebagai mahasiswa STIPRAM, pihak kampus akan memberikan informasi berapa biaya pangkal yang harus dibayar. Di kampus STIPRAM biaya pangkal sudah termasuk biaya semester 1 sehingga mahasiswa tidak perlu membayar lagi SPP di semester pertama. Uang pangkal selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Jadi, untuk mengetahui berapa biaya uang pangkal tahun ini bisa langsung cek di situs web resmi STIPRAM.

2. SPP

Setelah melewati semester pertama, mahasiswa dibebankan biaya SPP yang harus dibayar setiap semester. Biaya SPP STIPRAM berkisar antara Rp1,5 juta hingga Rp2,5 jutaan. Nominal biaya ini berbeda di setiap jurusan dan jenjang kuliah yang diambil. Mahasiswa akan diminta membayar SPP saat libur semester, sebelum perkuliahan semester baru dimulai.

Baca Juga  Inilah 5 Sekolah Pramugara di Jogja Terbaik yang Bisa Jadi Pilihan

3. Biaya SKS

Biaya SKS dibayar bersamaan dengan biaya SPP. Jika mahasiswa mengambil 24 SKS, maka biaya SKS akan dikalikan 24. Jadi, total biaya SKS setiap mahasiswa bisa berbeda-beda tergantung dari jumlah SKS yang diambil. Sementara itu, jumlah maksimal SKS yang bisa diambil mahasiswa di setiap semester hanya 24.

Demikianlah informasi mengenai jurusan dan biaya kuliah Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo. Kampus ini memang sangat cocok bagi yang menyukai bidang perhotelan dan pariwisata. Bagi yang tertarik dan ingin mendaftar bisa langsung menghubungi pihak kampus di website resmi STIPRAM.

Pencarian Popular

https://www judulskripsi com/1857/mengenal-2-di-jurusan-sekolah-tinggi-pariwisata-ambarrukmo-dan-biaya-kuliahnya html