sekolah digital kota probolinggo

5 Fakta dari Sekolah Digital Kota Probolinggo yang Perlu Diketahui

Sekolah digital Kota Probolinggo adalah salah satu bukti nyata yang menunjukan bahwa dunia pendidikan semakin berkembang. Hal ini sejalan dengan perkembangan era digitalisasi di mana berbagai aktivitas saat ini dapat dilakukan secara daring.

Dengan adanya sekolah digital, aktivitas yang berhubungan dengan sekolah kini dapat dilakukan hanya melalui sebuah smartphone yang terhubung dengan jaringan internet. Ingin tahu lebih banyak tentang Sekolah Digital yang ada di Probolinggo? Ketahui 5 Fakta Berikut Ini:

1. Belum Lama Dirilis

Sekolah Digital Kota Probolinggo terbilang masih baru karena baru dirilis pada akhir tahun 2019. Sekolah ini pertama kali diperkenalkan ke publik oleh Pemkot Probolinggo pada November 2019 lalu. Pemkot Probolinggo berharap pembelajaran dari Sekolah tidak lagi dilakukan secara manual, tetapi juga bisa dilakukan semakin canggih dengan bantuan dari sebuah gadget.

Untuk mengakses layanan Sekolah Digital, user hanya perlu membuka situs web sekolahdigital.probolinggokota.go.id dari browser. Hingga saat ini, Sekolah digital terus dikembangkan dan ditargetkan bisa dinikmati oleh pelajar SD, SMP, dan SMA.

2. Menyampaikan Nilai Raport Siswa

Sudah bukan zamannya lagi orang tua datang ke sekolah hanya untuk mengambil rapot siswa, begitulah hal yang dipikirkan oleh Pemkot Probolinggo saat merencanakan Sekolah Digital. Bagi orang tua siswa yang memiliki kesibukan dan bekerja, mengambil rapot tentunya akan cukup menyita waktu.

Oleh karena itu, Pemkot Probolinggo mendesain sistem agar Sekolah Digital juga memungkinkan orang tua untuk bisa melihat nilai raport siswa. Cara seperti ini tentunya lebih praktis dan memudahkan orang tua siswa yang sedang tidak sempat datang ke sekolah untuk mengambil. Jadi, orang tua hanya tinggal mengakses Sekolah Digital dari internet untuk melihat nilai raport siswa.

Baca Juga  Ketahui 6 Tes Psikologi Masuk Jurusan Kuliah Terpercaya

3. Menyediakan Materi Pembelajaran

Sejak kemunculan pandemi Covid-19, sekolah daring yang dilakukan dari rumah memang sudah dianggap wajar dan tak asing lagi. Namun, sistem seperti ini sebetulnya sudah terpikirkan oleh Pemkot Probolinggo melalui Sekolah Digital. Dengan Sekolah Digital, siswa bisa belajar di manapun dan kapanpun selama siswa yang bersangkutan mengunduh materi pembelajaran yang tersedia di Sekolah Digital.

Begitupun juga dengan tugas-tugas sekolah yang dapat dikirimkan secara online. Dalam hal ini, guru bisa mengirimkan materi tugas atau PR yang harus dikerjakan siswa. Sementara siswa dapat mengumpulkan tugas yang sudah disediakan melalui platform Sekolah Digital.

4. Memungkinkan Orang Tua Memantau Perkembangan Anak

Sekolah digital juga memungkinkan orang tua memantau perkembangan anak di Sekolah. Jadi, orang tua tidak perlu lagi repot-repot menanyakan kepada guru tentang perkembangannya anaknya. Dalam platform Sekolah Digital, tersedia menu yang dapat diakses oleh orang tua siswa.

Dengan demikian, platform ini tidak hanya diperuntukan bagi siswa, tetapi juga untuk orang tua siswa. Sama seperti siswa, orang tua juga akan diberikan akun dan password untuk bisa masuk dan mengakses Sekolah Digital.

5. Memungkinkan Pemerintah Mengakses Absensi Guru

Mengingat guru yang bekerja di sekolah negeri merupakan bagian dari Aparatur Sipil Negara atau ASN, maka sangat penting bagi pemerintah untuk memantau kinerjanya. Salah satu faktor yang dapat dijadikan tolak ukur sebagai performa kinerja guru adalah absensi. Nah, melalui Sekolah Digital pemerintah dapat dengan mudah melihat absensi guru yang telah berstatus sebagai ASN.

Itulah 5 fakta mengenai Sekolah Digital Kota Probolinggo yang perlu diketahui. Karena Sekolah Digital masih dalam tahap pengembangan, maka belum seluruh sekolah yang ada di Probolinggo diberikan akses. Namun, ke depannya Sekolah Digital diharapkan bisa diakses oleh seluruh siswa, orang tua, dan pihak sekolah.

Baca Juga  7 Fakta Tentang Sekolah Tinggi Multi Media MMTC Yogyakarta Ini Harus Diketahui Sebelum Mencoba